Konjen RI di Kuching Sarawak Malaysia Kunjungi Bengkayang

Pertukaran cindera mata saat kunjungan Minister Councelor Kepala Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal RI di Kuching Serawak Malaysia Theodorus Satrio Nugroho di Bengkayang, Kamis (16/5/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/Kurnadi.

Bengkayang (Suara Kalbar) – Minister Councelor Kepala Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal RI di Kuching Serawak Malaysia Theodorus Satrio Nugroho beserta rombongan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bengkayang, Kamis (16/5/2024).

Kunker Konjen RI dari Kuching Sarawak Malaysia Timur ini dilakukan dalam upaya promosi forum UMKM Se-Borneo meliputi Kalimantan, Sarawak, Sabah Tawau dan Brunai Darussalam.

Di Kabupaten Bengkayang pertemuan dilaksanakan di Aula Rang Kaya lantai V Kantor Bupati Bengkayan, kehadiran Konjen RI disambut langsung oleh Plh Sekretaris Daerah Bengkayang Magdalena didampingi Assisten I Setda Bengkayang Yohanes Atet, Asisten lll Setda Bengkayang Pinus Samsudin, Kadis Perindag Dr Yan, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Lorensius, Sekretaris Dinkoptransnaker Gustian Andiwinata, dan Sekretaris Diskeporapar Yustina Ita Wurini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwakilan Polres Bengkayang, Perwakilan Kantor Bea Cukai Jagoi Babang, Kepala PLBN Jagoi Babang, Ketua Kadin Bengkayang serta para pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kabupaten Bengkayang.

Pada kesempatan tersebut Plh Sekda Bengkayang Magdalena membacakan sambutan Bupati Bengkayang. “Atas nama Bupati Bengkayang kami mengucapkan selamat datang kepada Konsulat Jenderal Kuching – Sarawak, Malaysia beserta rombongan di Bumi Sebalo Bengkayang serta memberikan apresasi yang tinggi atas inisiatif bapak Konsul Jenderal RI Kuching yang telah membuat kegiatan promosi Forum UMKM Borneo di Bengkayang,” ujar Magdalena.

Ia mengatakan dalam kesempatan ini pula Bupati Bengkayang menyampaikan visi dan misi Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2026 yaitu Kabupaten Bengkayang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berdaya Saing Ditopang Pemerintahan yang Bersih dan Terbuka.

“Untuk mencapai visi tersebut penjabarannya dalam tujuh misi dan tentunya untuk kegiatan fasilitasi promosi forum UMKM se-Borneo,” katanya.

Selaras dengan misi ketiga, yaitu meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur dasar untuk mendukung peningkatan investasi dan pertumbuhan stabilitas ekonomi sekaligus menjaga ekonomi daerah.

“Hal ini serta sejalan dengan misi keempat mewujudkan Kabupaten Bengkayang sebagai kabupaten maju dalam bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, perdagangan, jasa dan pariwisata,” paparnya.

Theodorus Satrio Nugroho Konjen RI Kuching Sarawak Malaysia Timur menyampaikan melalui Forum UMKM se-Borneo, dimana forum ini adalah sifatnya bukan kelembagaan tapi bermanfaat untuk UMKM Bengkayang.

“Adanya border perbatasan, ruang dan peluang terbuka bagi siapa saja, intinya semangat berwirausaha, kita akan mendorong secara sistematis baik strategi pemasaran maupun permodalan,” katanya.
Namun sebenarnya dalam pengelolaan UMKM Sistem itu nomor dua yang lebih utama adalah semangat. “Lapak-lapak usaha sudah ada, tinggal memacu semangat saja, perlu kreatif,” paparnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS