Kemenag Siapkan 1.378 Formasi untuk Seleksi CASN di IKN

Wisatawan berkunjung ke lokasi Titik Nol Ibu Kota Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARA)

Jakarta (Suara Kalbar)- Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menyiapkan 1.378 formasi dalam seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2024, khusus untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI,Wawan Djunaedi  mengungkapkan dalam keterangannya di Jakarta pada hari Kamis bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah memberikan formasi teknis CASN 2024 untuk Kemenag sebanyak 13.780 orang.

“Untuk IKN ini jumlahnya 10 persen dari jumlah tenaga teknis, seperti pula dengan yang ada di kementerian lain. 10 persennya dari 13.780 berarti 1.378,” katanya melansir dari ANTARA, Sabtu(18/5/2024).

Ia mengatakan Kemenag RI dijadwalkan akan pindah ke IKN pada gelombang ketiga pada 2025-2026.

“Jadi sebelum pemindahan kantor pusat Kemenag ke IKN, rencananya ada dua opsi, mereka bisa ditempatkan di satker (satuan kerja) pusat di Jakarta atau difungsikan ke daerah terdekat,” ujarnya.

KemenPAN-RB telah menetapkan formasi untuk rekrutmen CASN 2024 sebesar 1,28 juta formasi yang terdiri atas 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850 orang serta 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 orang.

Jumlah 1,28 juta formasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional 2,3 juta orang secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CASN yang bisa dilamar oleh fresh graduate (lulusan baru perguruan tinggi) serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks-tenaga honorer kategori (THK) II yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pemerintah juga menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate untuk menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS