Kapolres Sekadau Sebut Ada Tiga Prinsip Penanganan Permasalahan Masyarakat

Kapolres Sekadau saat memimpin memimpin apel jam pimpinan di Halaman Mapolres Sekadau, Senin (27/5/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Polres Sekadau. 

Sekadau (Suara Kalbar)- Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, sampaikan tiga prinsip dasar penanganan permasalahan masyarakat saat memimpin apel jam pimpinan di Halaman Mapolres Sekadau, Senin (27/5/2024).

Kapolres menekankan tiga prinsip dasar yang menjadi landasan dalam menangani setiap permasalahan yang muncul di masyarakat. Prinsip pertama adalah prinsip entiris. Kapolres menegaskan bahwa masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap polisi dalam menyelesaikan berbagai masalah, termasuk yang di luar bidang keamanan.

“Oleh karena itu, jangan pernah mengeluh ketika masyarakat melaporkan permasalahan yang tidak langsung berkaitan dengan Kamtibmas,” tegasnya.

Prinsip kedua adalah prinsip normatif, yang mengharuskan polisi tidak hanya merespons masalah berdasarkan aturan yang ada. Polisi diharapkan mampu menyederhanakan dan mengurangi bahkan meniadakan masalah yang kompleks di masyarakat.

Kemudian prinsip ketiga adalah prinsip saintifik. Ia mendorong seluruh anggota Polres Sekadau untuk selalu menerapkan konsep dan teori dalam menganalisis setiap permasalahan yang muncul di masyarakat.

“Prinsip ini kita peroleh di lembaga pendidikan dan pengalaman saat kita bekerja. Jangan pernah berhenti belajar dan berlatih. Apa yang kita lakukan adalah bagian dari proses pembelajaran,” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan pentingnya pelaksanaan tugas yang telah dilakukan agar diingat dan diterapkan dengan baik. Kegiatan asistensi dan pembekalan harus menjadi panduan dalam kehidupan pribadi dan kedinasan.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengajak seluruh personel untuk mendukung kegiatan menyambut Hari Bhayangkara ke 78, karena juga berdampak pada modal sosial dalam menjaga Kamtibmas dengan melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS