Jokowi Tegaskan Kabinet Prabowo-Gibran 100 Persen Prerogatif Presiden Terpilih

DOK- Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu 27 Maret 2024. SUARAKALBAR.CO.ID/BPMI Sekretariat Presiden. 

Jakarta (Suara Kalbar)-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas menegaskan bahwa penyusunan kabinet pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan prerogatif penuh dari presiden terpilih.

“Kabinet itu adalah 100% prerogatif presiden. Kalau usulan boleh, tetapi itu hak penuh presiden terpilih,” tegas Jokowi melansir dari Beritasatu.com, Minggu(5/5/2024).

Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk memberikan saran terkait susunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, ia menegaskan bahwa pemberian saran tersebut tergantung pada permintaan langsung dari presiden terpilih.

“Kalau diminta saran, enggak apa-apa. Namun, kalau tidak diminta, ikut-ikutan nimbrung itu tidak boleh,” tambahnya.

Sebelumnya, wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, meminta kesabaran dari publik terkait susunan menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran.

“Tentang kabinet, tunggu saja ya,” ujarnya kepada media seusai menghadiri rapat paripurna rekomendasi DPRD Kota Solo atas LKPJ wali kota Solo tahun anggaran 2023 di Grha Paripurna, Selasa (30/4/2024).

Gibran juga meminta kesabaran dari semua pihak terkait dengan susunan dan komposisi kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan datang, termasuk apakah akan mengikuti konsep seperti Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang dipimpin oleh Joko Widodo-Ma’ruf Amin saat ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version