Bupati Bengkayang Dukung Pelestarian Adat Nyabak’ng: Cintai Adat Dan Lestarikan Budaya

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, di dampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkayang Ibu Anita Darwis membuka acara ritual adat Nyabang'k Masyarakat Dayak dusun Segiring kecamatan Tujuh Belas Minggu (19/5/2024).[SUARAKALBAR.CO.ID/Kurnadi]

Bengkayang (Suara Kalbar) -Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkayang, Ibu Anita Darwis, membuka acara ritual adat Nyabak’ng yang diselenggarakan oleh Masyarakat Dayak Dusun Segiring di Kecamatan Tujuh Belas pada Minggu (19/5/2024).

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting, termasuk Sekretaris Dinas PUPR, Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, perwakilan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Camat Tujuh Belas, Kapolsek Sanggau Ledo dan Tujuh Belas, perwakilan Danramil Sanggau Ledo dan Tujuh Belas, Ketua Adat Kecamatan Tujuh Belas, kepala desa se-Kecamatan Tujuh Belas, anggota DPRD terpilih periode 2024-2029 dari Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Bengkayang, Ketua DAD Kecamatan Tujuh Belas, serta tokoh agama, adat, dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Sebastianus Darwis mengucapkan selamat merayakan Nyabak’ng kepada seluruh masyarakat yang merayakannya.

“Selamat Nyabakn’g kepada semua saudara-saudara yang merayakannya, terima kasih. semoga Tuhan yang maha esa meridhoi segala upaya kita dalam membangun kabupaten Bengkayang yang berbudaya dan unggul,”ujarnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada panitia dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Nyabak’ng ini. Ia menekankan pentingnya melestarikan adat dan budaya di tengah derasnya arus modernisasi dan perkembangan teknologi.

“Karena ini merupakan wujud nyata dari kecintaan kita untuk tetap melestarikan adat dan budaya kita, jangan sampai masyarakat adat kurang peduli dengan adat istiadat dan bahkan melupakan adat dikarenakan beralih dengan budaya modern, karena jika tidak di organisir dan dipelihara dengan baik maka akan hilang dengan sendirinya oleh derasnya perkembangan teknologi seperti saat ini,”katanya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Bengkayang juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh komponen
masyarakat Kabupaten Bengkayang, dan para pengusaha nasional, untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan industri budaya dan pariwisata daerah.

keberhasilan pembangunan di bidang ini, sangat mungkin untuk diraih, karena selain memiliki keanekaragaman budaya etnik, Kabupaten Bengkayang juga mempunyai objek wisata yang tidak kalah menarik, bila dibandingkan dengan kabupaten lainnya di kalimantan barat.

Selain itu, ditunjang pula dengan letak geografisnya yang sangat strategis, yaitu berbatasan langsung dengan sarawak, malaysia timur, sehingga sangat potensial untuk mendatangkan para wisatawan lokal dan mancanegara.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS