Biak Muda Singkawang Gelar Tawuran Sampah

Biak Muda Singkawang menggelar kegiatan bertajuk Tawuran Sampah di Halaman Mess Daerah Kota Singkawang, Minggu (19/5/2024). SUARA KALBAR.CO.ID/HO.Istimewa.

Singkawang (Suara Kalbar)- Gabungan organisasi pemuda, komunitas, ekskul sekolah dan BEM di Kota Singkawang dengan mengatasnamakan Biak Muda Singkawang menggelar kegiatan bertajuk Tawuran Sampah di Halaman Mess Daerah Kota Singkawang, Minggu (19/5/2024).

“Kegiatan ini diberinama tawuran sampah bukan tanpa alasan. Kota Singkawang dalam akhir-akhir ini sering sekali terjadi bentrokan antar remaja yang sangat meresahkan dan sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, dengan batasan umuran tersebut mereka telah menggunakan senjata tajam untuk bentrok yang tentunya resiko terbesarnya adalah kehilangan nyawa antara mereka,” ujar Koordinator Kegiatan Ahmad Maulana.

Dia menjelaskan penyebab terjadinya bentrok diantara mereka banyak sekali alasannya bahkan hanya perihal sepele. Emosi yang belum stabil dan masih labil, biasanya remaja sangat mudah mengambil keputusan dengan gegabah dan dengan emosi.

“Hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor tawuran terjadi. Tawuran sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dalam bentuk perkelahian massal,” katanya.

Tawuran yang terjadi di jalan raya ini dikhawatirkan mengenai masyarakat lain yang melintas, lebih jauh lagi jika aksi tersebut terus terjadi prilaku menyimpang para remaja takutnya mengarah ke tindak kriminal lainnya. Tugas meredam aksi ini tentu bukan hanya menjadi tugas pihak keamanan saja melainkan semua pihak mulai dari keluarga dan lingkungan sekitarnya termasuk organisasi kepemudaan yang ada.

“Adapun tujuan kami melaksanakan kegiatan Tawuran Sampah sebagai salah satu agar para remaja memiliki aktivitas yang lebih postif dengan membersihkan sampah dan menanam pohon yang tentunya lebih bermanfaat,” katanya.

Kegiatan ini, kata Ahmad Maulana, setidaknya menghadirkan lebih dari 300 peserta dari 25 organisasi dan komunitas yang tergabung. Pada kesempatan ini hadir pula perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang yaitu Dedi Afandi.

“Kami berharap setelah agenda ini akan ada kegiatan-kegiatan lainnya seperti diskusi, workshop dan kegiatan kreatif lainnya,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS