Bisnis  

XL Axiata Perkuat Jaringan, Dukung Arus Mudik Lebaran Jalur Penyeberangan Laut

XL Axiata Perkuat Jaringan di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-XL Axiata]

Jakarta ( Suara Kalbar)- PT XL Axiata Tbk memastikan kesiapan jaringannya untuk melayani dan memudahkan arus mudik Lebaran tahun ini di semua lokasi yang akan dijangkau oleh masyarakat. Persiapan ini mencakup penguatan jaringan di jalur transportasi darat dan laut, termasuk tiga jalur penyeberangan ramai, yaitu Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan Padang Bai – Lembar.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyatakan bahwa perusahaan telah menambah kapasitas baru, melakukan upgrade teknologi, dan memasang newsite untuk memperkuat jaringan di jalur-jalur tersebut. Hal ini bertujuan agar pelanggan XL Axiata dapat menikmati sinyal 4G yang kuat selama berada di kapal penyeberangan, memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas akses data dengan lancar.

“Untuk keperluan ini, XL Axiata menambahkan kapasitas baru, upgrade teknologi dan newsite. Jadi selama berada di kapal penyeberangan, pelanggan XL Axiata akan bisa mendapatkan sinyal 4G yang kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas akses data.  Semoga fasilitas yang kami kami sediakan ini bisa mendukung penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang berkualitas bagi para pemudik, juga tentunya dalam jangka panjang mampu mendukung program-program pemerataan akses internet cepat hingga ke area terpencil, terutama juga support untuk pariwisata,”katanya dalam keterangan yang diterima, Senin (8/7/2024).

Menurut Gede, dengan penguatan jaringan ini, kecepatan akses internet bisa meningkat secara signifikan, mencapai hingga 95 Mbps saat berada di laut. Sebelumnya, pelanggan cenderung mengalami kesulitan akses internet saat kapal sudah di tengah laut karena semakin jauh dari BTS yang melayani. Dengan penguatan ini, tidak hanya kecepatan yang meningkat, tetapi juga jumlah penumpang yang dapat menggunakan layanan data secara bersamaan.

Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi lainnya, seperti optimasi jaringan dan penyiagaan sumber daya yang memadai, termasuk tim teknis yang siaga selama 24 jam dan armada mobile BTS. Penguatan jaringan ini sekaligus melengkapi kesiapan XL Axiata dalam menghadapi momen libur panjang Lebaran, dengan memperkirakan peningkatan trafik layanan sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan layanan telekomunikasi selama perjalanan mereka. Selain itu, ini juga menjadi bagian dari komitmen XL Axiata dalam mendukung konektivitas dan akses internet yang berkualitas bagi seluruh pengguna di Indonesia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS