Dunia  

Ribuan Warga Iran Turun ke Jalan Beri Dukungan Atas Sekarang ke Israel

Para demonstran melambaikan bendera Iran dan Palestina saat demo di depan Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Minggu, 14 April 2024, setelah Iran meluncurkan serangan drone dan misil ke Israel. SUARAKALBAR.CO.ID/ VOA/AFP.

Suara Kalbar– Ribuan warga Iran turun ke jalan-jalan di Iran pada Minggu (14/4/2024) pagi untuk menunjukkan dukungan terhadap serangan pesawat nirawak atau drone dan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap musuh bebuyutan mereka, Israel.

Dilansir dari VOA, para pengunjuk rasa mengibarkan bendera nasional Iran dan Palestina di samping spanduk bertuliskan “Kemenangan Tuhan sudah dekat”.

Sekelompok besar demonstran berkumpul di luar Kedutaan Inggris di Teheran. Sedangkan di kota terbesar ketiga Iran, Isfahan, para pendukung serangan balasan juga turun ke jalan. Tempat itu adalah tempat Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, salah satu jenderal yang tewas dalam serangan di Damaskus, dimakamkan.

Serangan Iran terjadi sebagai pembalasan atas serangan pada 1 April yang meratakan gedung konsuler lima lantai yang terletak di samping gedung Kedutaan Iran di Damaskus, Suriah. Serangan itu menewaskan tujuh Garda Revolusi, dua di antaranya berpangkat jenderal. Sejak itu, Tehran berkomitmen untuk membalas serangan yang secara luas dianggap dilakukan oleh Israel.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei berjanji bahwa “rezim jahat (Israel) akan dihukum”.

Media Iran menggambarkan serangan terhadap Israel itu sebagai serangan yang “kompleks” karena juga melibatkan sekutu Iran di Yaman, Lebanon, dan Irak.

“Serangan ini tidak hanya datang dari Iran, dan rezim ini (Israel) dihukum dari empat arah,” kata kantor berita Tasnim.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS