Minimalisasi Ketimpangan Pemilikan Tanah, Mempawah Dukung Gerakan Sinergi Reforma Agraria

Pj Bupati Mempawah Ismail didampingi Kepala BPN Mempawah Marihot Gultom saat kegiatan GSRA yang digelar serentak di seluruh Indonesia di Jalan Pelabuhan Pasir Wan Salim Mempawah, Senin (22/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Pj Bupati Mempawah Ismail menghadiri kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) yang digelar serentak di seluruh Indonesia di Jalan Pelabuhan Pasir Wan Salim Mempawah Timur, Senin (22/4/2024).

Tema kegiatan cukup menarik. Yakni “Bersinergi Mewujudkan Cita-cita Reforma Agraria dalam upaya Mengurangi Ketimpangan Pemilikan Tanah serta Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Gerakan Sinergi Reforma Agraria yang secara serentak dilaksanakan, kata Ismail, merupakan upaya yang dilakukan untuk dapat menampilkan hasil kerja bersama seluruh stakeholder, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan berbagai pihak yang ikut andil.

Pemerintah telah menjadikan kegiatan ini sebagai Program Strategis Nasional (PSN), yang terdiri dari Penataan Aset, berupa kegiatan pensertipikatan tanah melalui redistribusi tanah, dan penataan akses melalui kegiatan penataan akses reforma agraria.

Kegiatan Penataan Aset melalui program redistribusi tanah pada tahun 2024 memiliki target 1000 bidang, yang berlokasi di Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) bersumber dari kawasan pelepasan hutan.

“Pelaksanaannya dua desa, yaitu Desa Bunbun Kecamatan Sadaniang dan Desa Anjungan Dalam, Kecamatan Anjongan,” terang Ismail.

Sementara untuk kegiatan Penataan Akses di Kabupaten Mempawah telah memasuki tahun ke-4, dimulai sejak 2021 dan masih berlanjut saat ini.

“Saya secara pribadi dan mewakili masyarakat Kabupaten Mempawah mengucapkan terimakasih kepada Kantor Pertanahan yang telah memotori dalam pelaksanaan Reforma Agraria,” ucap Ismail.

Ia berharap seluruh jajaran Pemkab Mempawah yang terkait dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal, serta mendukung dalam mensukseskan reforma agraria.

“Melalui deklarasi yang telah kita gaungkan, harapannya seluruh pihak dapat bahu-membahu agar memastikan pelaksanaan reforma agraria berjalan efektif dan mencapai tujuan, sehingga masyarakat bisa memperoleh manfaatnya,” tutup Pj Bupati Mempawah Ismail.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS