News  

Menkominfo Ungkap Respon Positif Apple Terkait Pembangunan Pabrik di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Kantor Kementerian Kominfo, Rabu (17/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/ANTARA.

Suara Kalbar– Impor produk Apple capai 2 miliar dolar AS (Rp32.4 triliun) pada tahun 2023 di Indonesia. Pemerintah membuka diskusi agar Apple bisa memperhitungkan investasi dalam hal manufakturing.

Diskusi tersebut diwujudkan dalam pertemuan antara CEO Apple Tim Cook dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024) pagi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan CEO Apple Tim Cook memberikan sambutan dan respons positif atas permintaan Indonesia untuk membangun pabrik pembuatan produk Apple di Indonesia.

“Presiden dalam pertemuan tadi meminta Apple meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain dan Apple menyambut baik hal itu,” kata Budi di Kantor Kementerian Kominfo, dilansir dari Antara.

Budi mengatakan saat ini dalam hal produksi komponen untuk produk-produk Apple, hanya ada dua komponen yang diproduksi di Indonesia. Hal itu jauh dari yang telah dilakukan negara tetangga seperti Vietnam yang telah memproduksi hingga 72 komponen.

Sementara dari sisi konsumsi produk, bisa dibilang pengguna Apple di Indonesia cukup banyak dengan berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian pada 2023 saja Indonesia mengimpor senilai 2 miliar dolar AS (Rp32.4 triliun) produk Apple.

Maka pemerintah Indonesia membuka diskusi agar Apple bisa memperhitungkan investasi dalam hal manufakturing yang produknya tidak hanya digunakan untuk masyarakat dalam negeri tapi juga sebagai pemasok untuk rantai pasok global.

Budi mengatakan pemerintah juga bakal menyiapkan pertemuan lebih lanjut antar kementerian lembaga untuk bisa mendorong manufacturing Apple di Indonesia.

Satu di antara topik bahasan yang akan diangkat ialah terkait dengan kemungkinan pemberian insentif kepada Apple apabila resmi berinvestasi untuk membangun pabrik di Indonesia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS