Jelang Idul Fitri, Bandara Supadio Alami Lonjakan Penumpang

Suasana arus mudik yang sudah mulai meningkat di Bandara Supadio Pontianak [SUARAKALBAR.CO.ID/yati]

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Lonjakan penumpakan terjadi menjelang Idul Fitri bahkan sejak 24 Maret 2024 lalu sudah mengalami kenaikan yang signifikan dan puncaknya pada H-5 Idul Fitri.

“Lonjakan penumpang di Bandara Internasional Supadio Pontianak sudah terjadi sejak 24 maret lalu, hingga awal april hal tersebut terus terjadi. Lonjakan ini sudah tampak dibanding tahun lalu dengan periode yang sama dan akan mencapai puncak pada H-5 Idul Fitri,” ujar Executive General Manager Angkasa Pura II Muhammad Iwan Sutisna, Senin (1/4/2024).

Iwan Sutisna menjelaskan lonjakan penumpang ini terus meningkat dari 4 ribu sampai 6500 dan 7 ribu, dan dia menilai adanya libur panjang minggu lalu membuat masyarakat memilih mudik lebih awal untuk menghabiskan waktu lebih lama di kampung halaman.

“Peningkatan penumpang tersebut terus terjadi,pada puncak mudik di H-5 kami perkirakan akan ada 9500 penumpang,” jelasnya.

Muhamad Iwan Sutisna menjelaskan kenaikan penumpang pada idul fitri tahun ini sekitar 7 persen dan pesawat kenaikan mencapai 3 persen. Meski demikian lonjakan ini tidak sebanding sebelum masa pandemi Covid-19.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS