Harisson Minta Anggota PKK Terdepan dalam Menumbuhkan Kekuatan Keluarga

Penutupan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Kalbar di Gedung PCC Kota Pontianak, Jumat (26/4/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Diskominfo Pontianak

Pontianak (Suara Kalbar)– Pj Gubernur Kalbar Harisson mengimbau seluruh anggota PKK untuk menjadi terdepan dalam menumbuhkan kekuatan keluarga. Terutama dalam penanganan stunting.

Hal itu disampaikan Harisson saat menghadiri acara penutupan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Kalbar di Gedung PCC Kota Pontianak, Jumat (26/4/2024).

Harrison mengatakan, anggota PKK harus menjadi terdepan dalam menumbuhkan kekuatan keluarga artinya apabila terdapat suatu keluarga yang lemah di lingkungannya, maka harus segera mendapat penanganan. Lemah dalam artinya bisa secara ekonomi, pendidikan sampai kesehatan.

Sejalan dengan hal itu penanganan stunting juga masih menjadi prioritas. Satu contoh penurunan angka stunting terjadi di Kota Pontianak, di mana angka stunting sudah turun menjadi 16,7 persen, dari yang awalnya 19,7 persen di tahun lalu.

“Kunci penanganan stunting ada pada ibu-ibu, jadi kader PKK harus manfaatkan program PKK ini. Untuk menuju Indonesia Emas untuk mendidik anak-anak menjadi cerdas ada pada ibu-ibu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Harisson mengatakan Ketua TP PKK tidak boleh segan meminta penganggaran yang besar dalam membuat program. Tetapi program tersebut harus menitikberatkan kepada penanganan stunting. Prinsip penanganan stunting menurutnya adalah karbohidrat, protein hewani dan lemak.

“Karbohidrat dari beras, protein hewani dari daging, ikan, telur kemudian lemak. Tolong diperhatikan dijadikan program ke ibu-ibu di kampung-kampung,” imbuhnya.

Selain HKG PKK, kegiatan lainnya yang dilaksanakan di antaranya pencanangan BBGRM dan Harganas. Ketiga kegiatan ini memiliki nilai yang sama dalam membangun daerah dengan menekankan peran masyarakat yang gotong royong.

Terdapat beberapa lomba seperti Lomba Paduan Suara, Cerdas Cermat, Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan, Masak Menu Pangan Lokal, Pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) serta Malam Ramah Tamah. Sedangkan hari ketiga ditutup dengan upacara HKG TP PKK ke-52 Provinsi Kalbar tahun 2024.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS