Damkar Sanggau Evakuasi Ular Sepanjang 4 Meter dari Kandang Ayam Warga

Ular Sepanjang 4 Meter Berhasil di Evakuasi Tim Damkar Sanggau Dari Kandang Ayam Warga.[SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah D]

Sanggau (Suara Kalbar) Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Sat Pol PP Kabupaten Sanggau berhasil mengevakuasi seekor ular sanca saat berada dikandang ayam milik salah satu rumah warga di Kelurahan Sei Sengkuang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau,Jumat (12/04/2024).

Kepala Bidang Damkar Sat Pol PP Kabupaten Sanggau Ali Sadikin membenarkan bahwa pihaknya telah mengevakuasi ular jenis sanca dari rumah warga dengan panjang kurang lebih 4 meter .

“Setelah mendapatkan laporan adanya seekor ular sanca di belakang rumah warga tepatnya di kandang ayam milik Laswadi, tim regu piket langsung memersiapkan peralatan dan menuju lokasi untuk melakukan penangkapan dan evakuasi atas ular tersebut ,” kata Ali Sadikin.

Menurut kesaksian Ketua RT 12 Kelurahan Sei Sengkuang Priono, mendapatkan laporan dari Laswadi sebagai pemilik kandang bahwa ular tersebut berada di dalam kandang ayam yang terletak di belakang rumahnya.

“Ular tersebut diperkirakan telah memangsa 4 ekor ayam sedangkan 1 ekor masih utuh belum sempat dimakan. Ular tersebut merupakan jenis ular sanca brazil (sawak/piton) yang di perkirakan memiliki bobot ±10 Kilogram dengan diameter sekitar 20 Centimeter dan panjang sekitar 4 Meter,”ujar Ali.

Apabila dibiarkan atau tidak diamankan dikhawatirkan Ular tersebut akan menyerang dan memangsa ternak lainnya dan tidak menutup kemungkinan dapat membahayakan pemilik rumah serta warga lain di sekitarnya.

“Evakuasi berjalan dengan lancar dan ular dapat ditangkap tanpa hambatan,”ucapnya.

Ali mengimbau agar warga segera melapor ke Damkar Sat Pol PP Sanggau apabila menemukan ular ataupun sejenis lainnya yang bisa membahayakan warga di lingkungan tempat tinggal.

“Petugas kami siap membantu evakuasi hewan yang membahayakan manusia . Warga jangan evakuasi sendiri, karena sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS