BPMP Kalbar Harap O2SN dan FLS2N Sekadau Hasilkan Pelajar Berprestasi

Pembukaan O2SN dan FLS2N di Rumah Betang Youth Center Sekadau. SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan.

Sekadau (Suara Kalbar) – Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalimantan Barat, Iwan Kurniawan harap O2SN dan FLS2N Sekadau hasilkan atlet dan talenta berprestasi.

Hal itu disampaikan Iwan Kurniawan saat mengikuti pembukaan kegiatan Ajang Talenta (O2SN dan FLS2N) dengan jenjang SD dan SMP Kabupaten Sekadau tahun 2024, di Rumah Betang Youth Center Sekadau, Senin (22/4/2024).

Kepala BPMP Kalbar, Iwan Kurniawan mengatakan keberhasilan tidak hanya diukur dari prestasi akademik, tetapi juga bisa diukur dari non akademik. Termasuk di bidang olahraga, seni, agama dan Kepramukaan.

Kegiatan Ajang Talenta (O2SN dan FLS2N) ini disebut sebagai alat atau wadah untuk bisa menyalurkan prestasi, hobi, bakat, dan menjadi cara bagi pemerintah untuk dapat menemukan talenta di atas rata-rata.

Ajang ini merupakan proses dari pembinaan secara berjenjang, dari level sekolah, ke kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional. Ajang talenta ini menjadi alat untuk mengembangkan karakter, sebagaimana disaksikan tarian profil pelajar pancasila yang juga ditampilkan dalam kegiatan itu.

Iwan mengatakan dari pertandingan yang diperlombakan nantinya ada banyak norma atau nilai yang bisa dikembangkan misalnya nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran, keteladanan, kebersamaan, gotong-royong tentunya bisa dikembangkan dalam pembentukan karakter pembentukan profil pelajar pancasila.

Dalam semangat merdeka belajar dan merdeka berprestasi, Kemendikbud RI memandang penting untuk mengembangkan talenta dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Dimana beberapa kebijakan yang diambil Kemendikbud dalam mengembangkan talenta ini adalah pendataan secara akuntabel untuk atlet-atlet atau talenta-talenta yang memang betul-betul sudah memiliki prestasi, kedua diberikannya catatan khusus maupun akses untuk bisa mendapatkan pendataan yang lebih baik melalui jalur prestasi untuk memasuki pendidikan di atasnya dan juga pemberian beasiswa.

“Kita harap kegiatan ini bisa menghasilkan atlet dan talenta yang dapat mewakili kabupaten Sekadau di ajang tingkat provinsi dan nasional, ” harapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS