Mountain Bike SBC Kalbar Harap Pemerintah Ikut Kenalkan Pada Generasi Muda

Mountain Bike SBC yang sedang beristirahat setelah melakukan perjalanan dengan jarak 23 Kilometer.SUARAKALBAR.CO.ID/Iqbal Meizar. 

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Komunitas Montain Bike atau yang lebih dikenal dengan Komunitas Sepeda Gunung merupakan suatu komunitas yang memiliki rutinitas menjelajah suatu daerah dengan menggunakan sepeda. Sehingga menjadi salah satu olahraga yang membutuhkan fisik dan mental yang kuat.

Memiliki 20 anggota tetap, Mountain Bike Sepeda Bersama Club (SBC) merupakan salah satu Komunitas Mountain Bike yang ada di Kalimantan Barat. Terbentuk di tahun 2015, Mountain Bike SBC sudah hampir menjelajahi semua wilayah Track Sepeda yang ada di sekitar Kota Pontianak.

Ketua Komunitas Mountain Bike SBC, Kurniawan menyebutkan, terbentuknya komunitas ini tak hanya untuk bersepeda dan menjelajah, tetapi juga sebagai tempat silaturahmi antar Suku dan Etnis.

” Kami memiliki Rutinitas bersepeda setiap minggu nya, selalu ada tempat baru yang kami jelajah, selain itu didalam Komunitas kami ini juga banyak dari berbagai Suku dan Etnis yang ada di Kalimantan barat, dan juga selain untuk bersepeda Komunitas kami juga menjadi tempat untuk saling mengenal satu sama lain,” ucap Kurniawan disalah satu kegiatan pada Minggu (3/3/2024).

Dalam memilih Track atau jalur, Mountain Bike SBC terkadang juga mengalami kesulitan, salah satunya jika track merupakan wilayah kebun yang masih produktif.

” Untuk Track yang ada di sekitaran Pontianak sudah hampir kami jelajahi, banyak juga suka dukanya, sempat di beberapa lokasi kami di usir sama pemilik kebun, mereka beranggapan bahwa aktifitas kami dapat merusak kebun mereka, jika sudah seperti itu kami harus memilih jalur lain,” jelasnya.

Disisi lain, Kurniawan mengatakan, di Kalimantan Barat ini khususnya Kota Pontianak, Komunitas seperti ini sudah cukup banyak, namun masih sedikit dari anak muda yang menyukainya, tak hanya itu, banyak juga dari masyarakat yang tidak mengetahui apa itu olahraga Mountain Bike.

” Alangkah baiknya jika pemerintah juga andil dalam memperkenalkan olahraga Mountain Bike ini, salah satunya dengan memperlombakan olahraga ini agar dapat menarik minat para generasi,” pungkas Kurniawan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS