Mahasiswa PPM Untan Beri Penyuluhan Kebersihan Lingkungan di Singkawang

Kegiatan bersih-bersih itu mahasiswa PPM Untan dan pemerintah desa di Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang.SUARAKALBAR.CO.ID/PPM Untan. 

Singkawang (Suara Kalbar)-Mahasiswa Magister Sosiologi Universitas Tanjung Pura Pontianak, Kelompok 4 Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) laksanakan Penyuluhan tentang kebersihan lingkungan di Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (09/03/2024).

Kegiatan bersih-bersih itu dilakukan bersama dengan pihak pemerintah setempat, mulai dari Kepala Kelurahan, PKK, RT dan RW serta aparat keamanan. Kegiatan pengabdian ini juga diisi dengan penyuluhan kesehatan dan kebersihan lingkungan kepada PKK.

Perwakilan Mahasiswa PPM Kelompok 4 Universitas Tanjung Pura, Hefni Maulana mengatakan kegiatan ini sebagai stimulan agar masyarakat semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sepanjang jalan. Karena kebersihan lingkungan merupakan faktor penentu kenyamanan dan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya.

“Menjaga kebersihan lingkungan harus menjadi perhatian utama dengan bersama-sama untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, ” ujarnya.

Pencemaran lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan seperti, gejala stunting, diare, muntaber, sesak nafas dan lain-lain. Sedangkan pengaruhnya bagi sosial adalah kekumuhan, banjir, bau yang kurang sedap dan lingkungan kotor.

“Masalah lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Maka perlu ada penyuluhan yang masif serta gerakan kebersihan yang bisa diinisiasi oleh semua pihak setempat,” jelas Hefni.

Kegiatan ditutup dengan pelatihan dan praktek pembuatan paving block dari sampah plastik agar limbah dari sampah plastik dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Diharapkan kegiatan PPM ini memberikan dampak bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS