KPU Pontianak Masih Menunggu Petunjuk Detail dari PKPU Terkait Pelaksanaan Pilkada 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pontianak, David Teguh (ANTARA)

Pontianak (Suara Kalbar)- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pontianak, David Teguh, mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang akan memberikan detail terkait pelaksanaan Pilkada 2024.

Menurut David, hingga saat ini baru satu PKPU yang telah dikeluarkan, yang mengatur tentang tahapan pilkada. Namun, pihaknya masih membutuhkan PKPU lainnya untuk menetapkan detail pelaksanaan dan tahapan selanjutnya.

“Kalau Pilkada memang baru 1 PKPU yang keluar tentang tahapan pilkada nya itu sendiri. Sampai saat ini persiapan kita baru sampai PKPU tersebut karena untuk pelaksanaan dan tahapan itu kita perlu PKPU juga,” kata David di Pontianak, Kamis.

David menjelaskan bahwa rekrutmen badan Ad Hoc dan calon perseorangan akan mengikuti petunjuk teknis yang terdapat dalam PKPU. Namun, hingga saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk tersebut.

“Kita sekarang masih menyelesaikan tahapan kegiatan pemilu jadi kita memang masih menunggu arahan KPU RI apa yang akan dilaksanakan,” katanya.

Lebih lanjut, David menyampaikan bahwa berdasarkan tahapan Pilkada dalam PKPU 2 tahun 2024, tanggal pencoblosan ditetapkan pada Rabu, 27 November 2024.

“Untuk ke KPU pendaftaran calon itu dimulai 27 Agustus sampai 29 Agustus 2024 baik jalur personal maupun jalur independen,” kata David.

David menjelaskan bahwa jalur perseorangan memiliki tahapan awal yang harus dilalui, yakni pengumpulan persyaratan dukungan sebagai calon peserta.

“Pengumpulan persyaratan dukungan mulai dari 5 Mei sampai 19 Agustus 2024,” katanya.

David mengatakan jika syarat dukungan sudah lengkap baru bisa melakukan pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024.

“Kemudian nanti penetapan calon 22 September 2024,” kata David.

Ia menambahkan terkait masalah teknis pemutakhiran data pihak KPU belum mengetahui karena jadwalnya nanti Mei 2024 mendatang baru akan dilakukan.

“Di akhir minggu ini akan ada pertemuan nasional dengan KPU RI tentang tahapan Pilkada jadi nanti kita lihat apa yang akan diarahkan dari RI,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS