KPU Kubu Raya Tetapkan Syarat Dukungan untuk Calon Independen

KPU Kubu Raya saat melakukan rapat pleno terbuka di Sungai Raya. ANTARA

Kubu Raya (Suara Kalbar)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, telah menetapkan syarat dukungan bagi bakal pasangan calon independen untuk bupati dan wakil bupati. Syaratnya adalah dukungan paling sedikit 8,5 persen dari penduduk yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Komisioner KPU Kubu Raya, Ahmad Fauzi, jumlah penduduk yang terdaftar dalam DPT antara 250.000 hingga 500.000 harus mendukung paling sedikit 8,5 persen, tersebar di lebih dari 50 persen kecamatan di Kubu Raya. Dukungan ini harus dinyatakan melalui surat pernyataan dukungan calon perseorangan dan melampirkan foto kopi KTP elektronik.

“Jumlah penduduk yang termuat pada DPT lebih dari 250.000 sampai dengan 500.000 harus didukung paling sedikit 8,5 persen tersebar di lebih dari 50 persen kecamatan di Kubu Raya,” ujarnya melansir dari ANTARA, Kamis(28/3/2024).

Ia mengatakan penyataan dukungan pada pasangan calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya tersebut berbentuk surat pernyataan dukungan calon perseorangan serta menempelkan foto copy KTP elektronik.

“Berbentuk surat pernyataan dukungan calon perseorangan serta menempelkan foto copy elektronik,” katanya.

Jadwal pemenuhan persyaratan dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya pada Pilkada dibuka mulai pada 5 Mei hingga 19 Agustus 2024 mendatang.

Yang disusul dengan pengumuman pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya selama tiga hari yakni pada 24 Agustus hingga 26 Agustus 2024.

Dan kemudian waktu pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati selama tiga hari yakni pada tanggal 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024.

Setelah pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, KPU selanjutnya akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS