KPU Kalbar Evaluasi Pemilu 2024: Langkah Menuju Pemilukada yang Lebih Baik

Ketua KPU Kalbar, Muhammad Syarifuddin Budi (SUARAKALBAR.CO.ID/Fajar Bahari)

Pontianak (Suara Kalbar)- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Muhammad Syarifuddin Budi, menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Evaluasi ini bertujuan untuk memperbaiki proses pemilukada yang akan segera berlangsung.

Budi menjelaskan bahwa beberapa poin kunci dalam evaluasi tersebut antara lain meninjau kembali kinerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengalami masalah.

“Ada sejumlah evaluasi Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Kalimantan Barat 2024. Evaluasi ini tentu akan menjadi masukan bagi kita untuk lebih baik lagi dalam pelaksanaan pemilukada nantinya,” kata Budi melansir dari ANTARA, Selasa (26/3/2024).

Petugas KPPS yang terbukti melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi sesuai ketentuan. Selain itu, diperlukan peningkatan pelatihan dan pengawasan terhadap KPPS untuk memastikan penyelenggaraan pemilu yang adil dan transparan.

“Petugas KPPS yang terbukti melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi yang sesuai. Selain itu perlu peningkatan pelatihan dan pengawasan terhadap KPPS untuk memastikan penyelenggaraan pemilu yang adil dan transparan,” tuturnya.

Budi menjelaskan, untuk penggunaan teknologi dalam pemilu 2024, seperti e-rekap dan Sirekap, terbukti membantu mempercepat proses rekapitulasi suara. Namun, masih terdapat kendala terkait infrastruktur teknologi, seperti jaringan internet yang tidak stabil, sehingga ke depan KPU perlu meningkatkan infrastruktur teknologi untuk mendukung kelancaran pemilu di masa depan.

Namun, di balik beberapa kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pemilu, namun pihaknya bersyukur karena tingkat partisipasi pemilih di Kalbar pada Pemilu 2024 mencapai 82 persen lebih, menunjukkan antusiasme masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

“Pada pemilukada nanti, kita perlu terus meningkatkan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya.

Dia menambahkan, suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 kemarin tentu tidak lepas dari kerjasama yang baik dari semua pihak, terutama dari Pemda dan TNI/Polri yang telah bekerja keras ikut menyukseskan pemilu tersebut. Terkait hal tersebut pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda dan TNI/Polri yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam menyukseskan pemilu tersebut.

“Meskipun secara keseluruhan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kalimantan Barat berjalan dengan lancar dan sukses, masih terdapat beberapa aspek yang perlu dievaluasi dan diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pemilu di masa depan. Evaluasi ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk penyempurnaan proses demokrasi di Kalimantan Barat dan memastikan pemilu yang lebih transparan dan berkualitas,” kata Budi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS