Kasad: 18 Satuan TNI AD Akan Dipersiapkan di IKN

Jenderal Maruli Simanjuntak. (Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta (Suara Kalbar)- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mengungkapkan bahwa TNI AD akan mempersiapkan 18 satuan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, secara bertahap.

Menurut Kasad, rencana tersebut telah direncanakan, dengan 18 satuan akan dipindahkan ke IKN. Rencana tersebut mencakup pembangunan kodim dan koramil di wilayah tersebut. Fokus saat ini masih pada pengamanan IKN hingga perayaan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

“Sementara ini sudah direncanakan, kemarin 18 satuan kita akan ke sana. Ada kodim, sambil berjalan pembangunan koramil, dan lain sebagainya. Kita akan lengkapi batalion-batalion yang sudah ada di sana,” kata Kasad seusai rapat pimpinan (rapim) TNI AD di Balai Kartini, Jakarta, pada Kamis (29/2/2024).

Untuk sementara ini, sambung dia, TNI AD masih fokus pada pengamanan IKN hingga 17 Agustus 2024. Diketahui, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan IKN beroperasi secara perdana pada tanggal tersebut, bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun (HUT) RI.

“Karena kalau nanti setelah 17 Agustusan, apakah semua orang sudah di sana, terfokus, apakah fasilitas sudah cukup itu disesuaikan dengan perbandingan jumlah kita nantinya. Jadi perlengkapan apa, sementara ini untuk  keamanan IKN, istana dan sekitarnya, dan juga masyarakat sekitarnya. Nanti tahap berikutnya apa yang kita lakukan lagi, terus kita lakukan bertahap,” jelas Kasad.

TNI AD masih mengkaji terkait kodam baru di IKN. Kasad menyebut pihaknya akan menjalankan satuan-satuan baru, setelah pemerintah IKN resmi berjalan.

“Sementara kan sudah ada Kodam Mulawarman, meng-handle di sana. Nanti kodim setingkat kota mungkin sudah kolonel, nanti dilihat bertahap. Kalau sudah mulai betul-betul melaksanakan pemerintahan, kita akan berpikir bagaimana, apakah memang diperlukam suatu kodam atau tidak. Tetap terus dikaji,” kata dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version