Jalan Teluk Batang-Sukadana Rusak, Pj Bupati KKU Temui Dinas PUPR Kalbar

Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya saat menanyakan penanganan tentang Jalan Provinsi Teluk Batang - Sukadana di Dinas (PUPR) Provinsi Kalimantan Barat pada, Jumat (8/3/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/HO.Prokopim KKU.

Kayong Utara (Suara Kalbar)- Pj Bupati Romi Wijaya mempertanyakan progres pelaksanaan perbaikan Jalan Teluk Batang-Sukadana mengingat kondisi saat ini yang sudah mengalami kerusakan parah dan menjadi keluhkan warga.

Hal ini disampaikan saat audiensi ke Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Barat terkait penangganan Jalan Provinsi Teluk batang – Sukadana, Jumat (8/3/2024).

“Masyarakat Sudah banyak mengeluh, tentang kondisi jalan saat ini. Mengingat jalan tersebut satu satunya akses untuk mereka beraktivitas,” ujar Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya.

Untuk itu, Romi menambahkan perlu ada kejelasan dari PUPR Provinsi terkait waktu pelaksanaan pembangunan dan pola pembiayaan, pelaksanaa dan menentukkan spot – spot prioritas pembangunan.

“Kita membawa data terkait kondisi jalan saat ini sebagai bahan pertimbangan PUPR Provinsi untuk menentukan titik perbaikan jalan, dan kita juga memberikan masukan yang mana menjadi prioritas” jelasnya.

Mengingat sebentar lagi datang bulan ramadhan dan di sambut hari Raya Idul Fitri, Romi juga mempertimbangkan bahwa akan meningkatnya aktivitas pengguna jalan teluk batang -sukadana yang bisa saja membahayakan pengguna jalan.

“Kita disini duduk bersama mencari solusi untuk masyarakat yang harapannya ada tindakan, setidaknya menutupi sementara jalan yang rusak tersebut,” katanya.

Kondisi Cuaca dan kendaraan barang yang melebihi tonase menjadi sebab cepatnya kerusakan jalan Teluk batang-Sukadana.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar Iskandar Zulkarnain, Sebab fenomena alam tersebut mempercepat kerusakan baru.

“Kami selalu memonitor perkembangan di lapangan termasuk di kabupaten Kayong Utara, setelah pembangunan ruas Jalan Siduk hingga Teluk batang tahun anggaran 2023 lalu, kami telah memetakan yang mana yang akan kami lanjutkan pembangunannya, kerusakan saat ini memang diluar prediksi kami yang kami kira tidak dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Tentunya Pemerintah provinsi tidak mendiamkan hal tersebut. Zulkarnain mengatakan PUPR akan mengelontorkan dana Rp 20 Milyar untuk ruas Jalan Teluk Batang -Sukadana dan berusaha mempercepat prosesnya.

“Karena memang kita juga berada di dalam pemerintahan yang harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan, maka kita harus jalankan juga. Tapi kita duduk disini untuk mencari solusi bersama,” katanya.

Kemudian kepala Dinas PUPR Provinsi juga akan berusaha mencari cara agar permasalahan jalan di kabupaten kayong utara tuntas 100 persen dan masyarakat dapat menikmati jalan yang mulus.

“Saya akan terus berkoordinasi dan mencari masukan dengan semua pihak, kepada Pj. Gubernur dan Balai Pelaksana Jalan Nasional untuk mendapatkan Inpres jalan,” katanya.

Dalam momen tersebut Pj Romi Wijaya bersama Plt Kepala Dinas PUPR, dan Camat Simpang Hilir disambut hangat oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar Iskandar Zulkarnain di Gedung Kantor Dinas PUPR Kalbar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS