Harga Pangan di Sekadau Cenderung Naik, Pedagang Sebut Tergantung Ketersediaan Barang

Beras yang dijual di ritel modern.SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Sekadau (Suara Kalbar) – Menjelang bulan Ramadhan harga pangan cenderung stabil di Kabupaten Sekadau. Sejumlah pedagang menyebut kenaikan harga bila stok dari agen berkurang.

Satu di antara pedagang di pasar Sekadau, Hartadi, mengatakan harga pangan seperti cabai, bawang dan telur masih stabil. Walaupun ada kenaikan harga namun hanya berkisar di angka 500-1000 rupiah.

“Pasokan cabai masih lancar, karena tidak hanya satu tempat, petani-petani di kampung juga ada. Cabai kalau eceran 11-12 ribu. Kalau cabai naiknya tidak tergantung hari raya, tapi tergantung stok barang. Bawang merah dan bawang putih ada kenaikan tapi tidak signifikan. Bawang putih naik sebelumnya 4000 per ons, sekarang 5000 per ons, ” jelasnya.

Sementara itu, untuk harga telur dinilai sudah mengalami kenaikan. Karena naiknya harga telur biasanya mengikuti hari-hari besar keagamaan. Telur perbiji biasanya dijual dengan harga 2000 rupiah, sekarang naik 2500 rupiah perbiji.

“Kalau harga tempe, tahu, ikan teri, kacang normal harganya. Karena pasokannya aman, pemasok sayur dari Pontianak dan Sambas,” lanjut Hartadi.

Terkait daya beli masyarakat, Hartadi menilai masih dalam hitungan normal, karena biasanya daya beli masyarakat di suatu toko bergantung pada kelengkapan barang dagangan. Meski begitu Hartadi tetap berharap pemerintah bisa menstabilkan harga tanpa merugikan petani dan menyesuaikan ketersediaan barang.

Sementara itu, di sejumlah ritel modern terlihat harga beras cenderung mengalami kenaikan. Bahkan harga beras premium ada yang mencapai 18000 rupiah per kilogram.

Adapun sejumlah merek dan harga besar di antaranya, Beras Merek Ratu ayu Berat 10 kg Harga Rp 184.000. Beras Merek Ratu ayu Berat 5 kg Harga Rp 93.000. Beras Merek Belalang Berat 10 kg Harga Rp 169.000. Beras Merek Belalang Berat 5 kg Harga Rp 87.000. Beras Merek Lumba-Lumba Berat 9 kg Harga Rp 160.000. Beras Merek Apak Berat 10 kg harga Rp 164.000. Beras Merek Lupung Berat 10 Kg Harga Rp 167.000.

Diketahui kenaikan harga beras dalam dua minggu ini sudah terjadi dua kali, di mana rata-rata kenaikan beras Rp3500 per satu kali kenaikan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS