Edukasi Paspor Elektronik: Kantor Imigrasi Putussibau Berikan Pengetahuan ke Pelajar

Petugas Imigrasi Putussibau memberikan sosialisasi terkait keimigrasian ke pelajar di SMKN Putussibau, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. ANTARA

Kapuas Hulu (Suara Kalbar)- Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau, Kapuas Hulu memberikan pemahaman dan edukasi tentang paspor elektronik serta keimigrasian kepada pelajar di daerah tersebut.

Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen, dan Penindakan Keimigrasian, Joenari Anthony Marpaung, menekankan pentingnya pemahaman bagi generasi muda tentang pentingnya memiliki paspor bagi warga Indonesia yang ingin berpergian ke luar negeri, terutama karena Kapuas Hulu memiliki Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di pintu batas Indonesia-Malaysia.

“Generasi muda khususnya pelajar mesti mengetahui pentingnya paspor bagi warga Indonesia yang hendak berpergian ke luar negeri, apalagi Kapuas Hulu memiliki Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di pintu batas Negara Indonesia-Malaysia,” katanya melansir dari ANTARA, Kamis(28/3/2024).

Joenari mengatakan dengan dilaksanakan sosialisasi ke kalangan pelajar diharapkan menumbuhkan kesadaran sebagai warga negara untuk mengetahui pentingnya memiliki dokumen keimigrasian yaitu paspor elektronik untuk berpergian ke luar negeri secara resmi yang dapat digunakan di PLBN Nanga Badau perbatasan Indonesia-Malaysia.

Menurutnya, dengan memiliki paspor dapat mengurangi aktivitas masyarakat keluar masuk pintu batas secara non prosedural.

“Jika ada paspor tentunya akan melewati jalur resmi di PLBN,” katanya.

Selain memberikan edukasi terkait dokumen keimigrasian, petugas Imigrasi Putussibau juga menyampaikan materi terkait Politeknik Imigrasi sebuah institusi pendidikan yang fokus pada bidang keimigrasian.

Petugas Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau menjelaskan kepada para siswa dan siswi tentang kesempatan belajar dan karir yang bisa ditempuh melalui Poltekim, serta pentingnya memiliki keahlian di bidang keimigrasian di era globalisasi saat ini.

“Kami berharap dengan pemahaman yang baik tentang Paspor dan Poltekim, generasi muda kita dapat lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan,” kata Joenari.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS