CEK FAKTA: Video Berisi Klaim Surya Paloh Berpidato Menyesal Usung Anies Baswedan

Tangkapan layar video berisi klaim surya paloh berpidato menyesal usung Anies Baswedan. SUARAKALBAR.CO.ID/Cek Fakta

Suara Kalbar– Sebuah akun Instagram mengunggah video dengan klaim pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh yang menyesal mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada pemilu 2024

Pada cuplikan video itu Surya Paloh mengatakan, ”Ada yang mengatakan betapa bodohnya Nasdem menempatkan calon presiden yang tidak populer, karena bahwasannya membawa pikiran-pikiran yang bertentangan dengan dengan komitmen kebangsaan”.

HASIL CEK FAKTA

Hasil penelusuran dilansir dari Tempo menunjukkan bahwa video tersebut merupakan potongan pidato Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam acara Program NasDem Memanggil di Ballroom NasDem Tower, Senin, 17 Oktober 2022.

Dalam pidato yang siarkan langsung oleh Metro TV, pada menit ke-41, Surya Paloh menyampaikan optimisme partainya, walaupun mengusung calon yang dianggap membawa pikiran yang bertentangan dengan komitmen kebangsaan.

“Beraneka ragam tekanan-tekanan itu. Tapi Saudara, itulah NasDem. Sekali layar terkembang, surut kita berpantang,” lanjut Surya Paloh.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, Tim Cek Fakta Tempo menyimpulkan bahwa klaim Surya Paloh menyesal mengusung Anies Baswedan adalah keliru.

Cuplikan video tersebut tidak sesuai dengan konteks dan waktu karena pidato disampaikan sebelum Pemilu 2024. Dalam pidato pada 17 Oktober 2022 tersebut Ketua Umum NasDem, Surya Paloh justru menegaskan optimisme partainya dalam mengusung Anies Baswedan dalam Pemilu 2024.

Rujukan

https://cekfakta.com/focus/16423

https://www.instagram.com/reel/C30cnFXyTmY/

https://video.tempo.co/read/30935/partai-nasdem-resmi-deklarasikan-anies-baswedan-jadi-capres-2024 mailto:cekfakta@tempo.co.id

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS