Bupati Mempawah Erlina Serahkan Combine Harvester untuk Poktan Pelita 1 Desa Benuang Toho

Bupati Mempawah Erlina foto bersama di depan unit Combine Harvester usai penyerahan kepada Kelompok Tani Pelita 1 Desa Benuang, Kecamatan Toho, Senin (18/3/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKPP) menyerahkan Combine Harvester kepada Kelompok Tani Pelita 1 Desa Benuang, Kecamatan Toho.

Bantuan alat panen padi demi mendorong peningkatan produktivitas pertanian, diserahkan langsung Bupati Mempawah Erlina, Senin (18/3/2024) siang.

Menurut Erlina, sektor pertanian terutama tanaman pangan merupakan sektor yang sangat penting bagi Kabupaten Mempawah, karena mayoritas masyarakat bermatapencaharian sebagai petani.

Karenanya, pengembangan sektor pertanian terutama tanaman pangan menjadi program strategis bagi Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Erlina mengatakan, panen padi ini membuktikan sinergi antara masyarakat Desa Benuang dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui program peningkatan ketahanan pangan cukup berhasil.

Selain itu, ia berharap sinergitas yang telah terbangun ini hendaknya dapat dilanjutkan bahkan ditingkatkan.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pertanian di Kabupaten Mempawah. Hal itu terbukti dengan surplus beras yang merupakan hasil lahan pertanian di Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Erlina berpesan, beras sebagai salah satu sumber pangan utama masyarakat harus tetap dijaga di tengah berbagai permasalahan yang sedang dihadapi.

Naiknya harga beras di pasaran di satu sisi merupakan hal yang menggembirakan untuk petani, namun di sisi lain berdampak pada naiknya berbagai kebutuhan pokok yang berimbas kepada menurunnya daya beli masyarakat secara umum.

Pemerintah Kabupaten Mempawah, tambahnya, akan terus berupaya meningkatkan produktivitas hasil pertanian, mengoptimalisasikan pemanfaatan lahan dan mendorong penyediaan prasarana dan sarana pertanian, serta peningkatan mutu hasil pertanian dengan penerapan teknologi dan inovasi sesuai dengan spesifik lokasi.

“Combine Harvester ini tolong dijaga dan dirawat, serta dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan transparan. Sisihkan pendapatan untuk biaya operasional dan perawatan,” pesannya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Didik Krismanto, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Jamiril, Kadis Pertanian Gusti Basrun, Kadis PUPR Hamdani dan Camat Toho Ferdinanda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS