Banjir Rendam Desa Sempurna Ketapang, Air Nyaris Capai Dua Meter

Sejumlah pelajar berjalan di tengah banjir menuju ke sekolah mereka SMPN 3 Sungai Laur Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, Senin (4/3/2024).[HO- Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar) – Banjir merendam Desa Sempurna, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalbar, pada Senin (4/3/2024).

Salah seorang warga setempat, Ruhadi Usman mengatakan, pada titik terparah yang berada di dataran rendah, kedalaman air nyaris mencapai dua meter. Kendati demikian warga tetap memilih bertahan di rumahnya masing-masing.

“Banjir ini kiriman dari hulu, sebab dua hari lalu terjadi banjir besar di daerah hulu Sungai Laur, ini puncak banjirnya hari ini. Air mulai naik sejak hari Minggu (3/3) kemarin,” papar Ruhadi kepada Suaraketapang.

Selain meredam puluhan rumah warga, banjir juga merendam fasilitas umum di desa tersebut, seperti SMPN 3 Sungai Laur, Puskesdes hingga PAUD.

“Di sini itu kurang lebih ada 80 KK, paling ada lima sampai enam buah rumah yang tinggi, yang belum teredam banjir, sisanya dimasuki air semua,” papar Ruhadi.

Meski sekolah mereka terendam banjir, pelajar SMP 3 Sungai Laur itu masih mengikuti proses belajar mengajar. Sejumlah pelajar pun dengan bersusah payah mendatangi tempat mereka menimba ilmu tersebut.

“Hari ini siswa masih masuk sekolah, tapi kalau besok air tidak surut, maka akan kami liburkan sementara,” ujar Ruhadi yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan SMPN 3 Sungai Laur tersebut.

Ruhadi mengaku, pihaknya belum menerima bantuan apapun dari pemerintah maupun perusahaan yang berinvestasi di daerah tersebut.

“Yang paling kami butuhkan sebenarnya kalau musim banjir seperti ini adalah parahu karet,” ucapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS