Banjir Meluas, Delapan Kabupaten di Kalimantan Barat Terdampak

Kondisi banjir yang telah merendam 8 Kabupaten di Kalimantan Barat. SUARAKALBAR.CO.ID/BPBD Kalbar

Pontianak (Suara Kalbar) – Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa waktu terakhir berdampak pada musibah banjir yang terjadi dan terus meluas, hingga saat ini ada delapan kabupaten di Kalbar terendam banjir.

Ketua Satgas Informasi BPBD Kalbar Daniel mengatakan meskipun sudah berangsur- angsur surut namun banjir telah meluas ke Kabupaten Sambas, Bengkayang, Ketapang, Sintang, Melawi, Sekadau Kapuas Hulu dan Kubu Raya.

“Ada 7 dari 8 kabupaten yang terendam banjir sudah melaporkan data warga dan fasilitas yang terdampak. Berdasarkan data ada 15 Kecamatan dan 69 desa terdampak banjir dengan ketinggian bervariasi,” kata Daniel Selasa (12/03/2024).

Kendati tidak ada yang mengungsi akibat banjir di sejumlah Kabupaten, namun berdasarkan data yang masuk ada 5,732 kepala keluarga dengan 21,789 jiwa serta 5,198 unit rumah yang terdampak.

“Selain rumah, banjir juga merendam rumah ibadah, posyandu dan puskesmas di Kabupaten Sekadau,” tambahnya.

Adanya musibah banjir yang terus terjadi, BPBD Kalbar meminta pemerintah daerah terus berkoordinasi dan melakukan pendataan terhadap warga terdampak, untuk warga selalu menjaga diri khususnya dokumen-dokumen penting.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS