Workshop Kader Posyandu, Erlina Ajak Percepat Turunkan Stunting

Bupati Mempawah Erlina dan Wagub Kalbar periode 2018-2023 Ria Norsan yang juga mantan Ketua Satgas TP2S Kalbar foto bersama para camat dan kader Posyandu saat Workshop Kader Posyandu di kediaman dinas Bupati Mempawah, Sabtu (3/2/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Tim Penggerak PKK Kabupaten melaksakanan Workshop Kades Posyandu di Rumah Jabatan Bupati Mempawah, Jl. Gusti M. Taufik, Sabtu (3/2/2024).

Workshop diikuti lebih dari 800 kader Posyandu Balita, Posyandu Remaja, Posyandu Lansia dan Posbindu yang menghadirkan sejumlah narasumber dari Dinas Kesehatan PPKB dan Dinas Sosial PPAPMPD Mempawah.

Bupati Mempawah Erlina yang membuka kegiatan tersebut kembali berharap peran aktif seluruh kader Posyandu untuk bersama-sama menurunkan angka stunting.

“Hingga saat ini, angka stunting di Kabupaten Mempawah mencapai 875 anak. Ini perlu kerja keras kita semua agar angka ini dapat terus diturunkan,” ungkapnya.

Keberadaan Posyandu, lanjut Erlina, sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Terlebih saat ini Posyandu telah bertransformasi menjadi Posyandu Integrasi Layanan Primer (Posyandu ILP).

“Itu artinya, Posyandu yang dulu hanya melayani balita dan ibu hamil saja, maka sejak bertransformasi menjadi Posyandu ILP, kini punya tanggung jawab melayani siklus kehidupan mulai dari 0 tahun hingga lanjut usia,” papar Erlina.

Bupati selanjutnya berharap workshop ini dapat menambah wawasan dan kemampuannya ah para kader Posyandu di Kabupaten Mempawah.

Yakni, dengan menguasai 25 jenis keterampilan dasar Kader Posyandu sebagai kompetensi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai siklus hidup 0 tahun hingga lansia.
Termasuk, dapat melakukan pelayanan kunjungan rumah bagi keluarga yang memiliki resiko kesehatan untuk dipantau kondisinya.

“Nah, pengembangan pelayanan di Posyandu sesuai siklus hidup ini juga termasuk upaya kita menurunkan stunting,” tegas Erlina.

Sebab pada praktiknya nanti, dengan kunjungan rumah ini, para kader Posyandu bisa memantau langsung proses dan kondisi kesehatan ibu hamil hingga paska-melahirkan, kondisi kesehatan anak usia sekolah/remaja, usia produktif dan lansia.

Turut hadir dalam workshop tersebut, Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023 Ria Norsan yang juga mantan Ketua Satgas Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) Kalbar, Ketua TP PKK Kabupaten Mempawah Julina Muhammad Pagi, dan sejumlah pejabat Pemkab Mempawah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS