Usai Pungut Hitung, Kotak Suara di Sekadau Mulai Dikembalikan ke Gudang PPK

Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Fransiskus Khoman, SUARAKALBAR.CO.ID/Wulan

Sekadau (Suara Kalbar) – Proses penghitungan surat suara di Kabupaten Sekadau berakhir pada Kamis (15/2/2024) pukul 12:00 WIB. Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman menyebut saat ini sedang dilakukan pengembalian kotak suara ke gudang PPK kecamatan.

“Petugas kami di KPU kabupaten/kota sampai KPPS sudah melaksanakan proses pungut hitung yang mana dimulai dari tanggal 14 dan berakhir rata-rata ada yang tanggal 14 malam. Ada yang 15 pagi, karena batas akhirnya itu sampai tanggal 15 pukul 12:00 WIB. Namun rata-rata telah menyelesaikan proses penghitungan itu, malam, subuh dan pagi,” kata Khoman.

Setelah selesai proses pungut hitung, kotak suara saat ini mulai bergeser dari TPS menuju ke gudang logistik di kecamatan. Khusus untuk Kecamatan Sekadau Hilir, kotak suara sudah bergeser ke tempat penyimpanan di aula SMK Amaliyah yang merupakan gudang logistik PPK Sekadau Hilir. Beberapa desa yang sudah sampai ini dari Ensalang, Selalong, Timpuk dan Tigur.

Terkait keamanan dan kesehatan petugas, Khoman menyebut sampai saat ini petugas masih dalam kategori aman, sehat, belum ada laporan petugas yang mengalami sakit paska proses pungut dan hitung.

“Kami menyampaikan kepada petugas baik di tingkat PPK, PPS, KPPS jika ada petugas yang menjalankan tugas itu drop atau sakit, untuk segera disampaikan laporannya. Tapi sampai siang ini belum ada laporan sakit,” tandas Khoman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS