Serunya Aksi Warga SMPN 1 Mempawah Hilir Memaknai Hari Peduli Sampah

Kompaknya aksi warga SMP Negeri 1 Mempawah Hilir saat membersihkan sampah di Taman Aulia Mempawah dan sejumlah titik lainnya untuk memaknai Hari Peduli Sampah Nasional, Jumat (23/2/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Tim SMPN 1 Mpw Hilir

Mempawah (Suara Kalbar) – Saat taman menjadi bersih, hati pun jadi tenang. Itulah yang diyakini oleh seluruh warga SMPN 1 Mempawah Hilir ketika mereka bersatu dalam kegiatan bersih-bersih massal, Jumat (23/2/2024) pagi.

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024, mereka bergerak aktif membersihkan sampah di sepanjang jalan menuju Taman Aulia Mempawah, sekitar Masjid Suhada, dan wilayah di sekitar sekolah.

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan wujud nyata sinergi antara warga sekolah, masyarakat sekitar, dan pihak terkait,” ujar Kepala SMPN 1 Mempawah Hilir, Rabiyah, usai kegiatan.

Rabiyah yang berlatar belakang magister pendidikan ini menambahkan, dalam aksi bersih-bersih tersebut, berbagai elemen bergotong-royong membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang jalan, taman, dan halaman masjid.

Mulai dari siswa, guru, karyawan sekolah, hingga ibu kantin, semuanya menyumbangkan waktu dan tenaga demi menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tidak sekadar membersihkan sampah, lanjut Rabiyah, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan masyarakat.

“Melalui diskusi singkat, para siswa-siswi dibimbing untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, memilah sampah, dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai,” katanya.

Rabiyah berharap, tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, kegiatan ini juga menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat antara warga sekolah dan masyarakat.

Saat memungut sampah, mereka terlihat santai dan kompak, serta berbagi tawa, cerita, dan semangat.

“Selain itu, kegiatan ini juga menjadi contoh nyata bahwa perubahan yang positif dalam lingkungan dimulai dari langkah kecil yang dilakukan bersama-sama,” imbuhnya.

Dari kegiatan bersih-bersih ini, lanjut Rabiyah lagi, kita belajar bahwa menjaga kebersihan lingkungan bukanlah tanggung jawab sekelompok orang, tetapi merupakan tanggung jawab bersama.

Semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk terus peduli dan berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, tidak hanya di hari Peduli Sampah Nasional, tetapi setiap hari.

“Mari bersama kita ciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan indah untuk generasi mendatang,” tutup Bu Hajjah Rabiyah, sapaan akrabnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS