Sekda Ketapang Resmikan Puskesmas Baru di Simpang Hulu, Berkapasitas Rawat Inap

Sekda Ketapang Alexander Wilyo meresmikan Puskesmas Balai Berkuak, Kecamatan Simpang Hulu, Senin (19/2/2024).[HO-Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar)- Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, meresmikan Puskesmas Balai Berkuak di Dusun Belonse, Desa Balai Pinang Hulu, Kecamatan Simpang Hulu, pada Senin (19/2/2024).

Kegiatan peresmian Puskesmas tersebut diawali dengan acara ngalu (penyambutan Sekda beserta rombongan secara adat) dan penanaman pohon serta pemotongan pita, penanda-tanganan prasasti dan penanda tanganan penggalangan komitmen reakreditasi.

Sekda serta sejumlah pejabat yang hadir juga meninjau sejumlah ruangan Puskesmas Balai Berkuak yang baru tersebut.

Sekda dalam sambutannya menjelaskan bahwa Puskesmas Balai Berkuak yang baru ini merupakan Puskesmas Rawat Inap, yang dibangun melalui APBD Kabupaten Ketapang TA 2023.

Sekda juga menjelaskan bahwa pembangunan Puskesmas tersebut berawal dari permintaannya kepada Camat Simpang Hulu, Kades Balai Pinang Hulu dan beberapa tokoh masyarakat setempat untuk mencari tanah minimal 2 hektar.

“Saya berharap kedepan, Puskesmas ini bisa menjadi Rumah Sakit. Makanya, pilihlah lokasinya di Belonseh dan tanahnya adalah tanah warga Belonseh,” ujarnya.

Sekda juga mengatakan kedepan, pembangunan Puskesmas ini akan terus berlanjut karena yang sudah jadi dan diresmikan itu baru bangunannya saja dan itu belum selesai.

“Karena itu pada tahun 2025 nanti akan dilanjutkan dengan penataan halaman, pembangunan pagar, gerbang, IPAL, lab, pengadaan ambulance dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk juga untuk rumah dinas dokter dan Nakesnya,” ucapnya.

Sekda berharap supaya Puskesmas Balai Berkuak yang baru tersebut bisa menjadi Puskesmas percontohan, Puskesmas yang berkembang, dan Puskesmas yang ideal.

“Karena, Simpang Hulu ini kan pintu masuk Kabupaten Ketapang. Jadi kita harus membangunnya dengan baik,” katanya.

Menurut Sekda, lokasi Puskesmas Balai Berkuak yang baru itu pun sangat strategis, tidak jauh dari ibukota kecamatan serta ditambah pemandangannya sangat indah.

Oleh karena itu Sekda, meminta Kepala Puskesmas dan jajarannya supaya menjaga dan merawat Puskesmas Balai Berkuak dengan baik.

“Ini penting agar pasien yang datang ke Puskesmas ini tidak malah tambah sakit, tapi menjadi sehat,” ujarnya.

Sekda menjelaskan pembangunan Puskesmas Balai Berkuak yang baru ini, merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang kepada masyarakat Simpang Hulu.

“Saya berharap supaya gedung Puskesmas Balai Berkuak yang baru ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Simpang Hulu dan Puskesmas ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam upaya mencapai misi Ketapang sehat untuk mewujudkan cita-cita besar Ketapang maju dan sejahtera,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS