Kalbar  

Pj Sekda Kalbar: Samakan Persepsi Perumusan dan Penyusunan IKU OPD

Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Bari Rapat Finalisasi Pembahasan Indeks Kinerja utama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Periode 2025 – 2026 di Ruang Rapat Praja II Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (12/2/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/HO.Adpim Kalbar.

Pontianak (Suara Kalbar)- Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Bari mengatakan mengenai Indeks Kinerja Utama (IKU) ini diperlukan penyamaan persepsi terlebih dahulu antar Perangkat Daerah terkait, baik dari Bappeda Provinsi Kalbar dan Biro Organisasi Setda Provinsi Kalbar.

Hal ini disampaikannya Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Bari Rapat Finalisasi Pembahasan Indeks Kinerja utama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Periode 2025 – 2026 di Ruang Rapat Praja II Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (12/2/2024).

“Jadi, masing-masing punya rumusan yang berbeda-beda tetapi sumbernya sama tinggal memilih yang mana yang perlu kita tentukan”, ucap Bari.

Kembali Penjabat Sekda Provinsi Kalbar menjelaskan bahwa masih adanya perbedaan persepsi dalam menterjemahkan IKU dari masing-masing Ke-Asistenan dan Perangkat Organisasi seperti Biro-biro.

“Sehingga hal ini perlu disamakan dulu, kalau semuanya sudah seragam maka tidak ada permasalahan ini. Saya akan mengikuti saja apa yang akan diluruskan nantinya, yang penting hal itu dapat kita cerna, jangan sampai ketika IKU tersebut ditetapkan, namun malah tidak bisa dicapai, karena keluar dari tupoksinya dan hal itu harus kita pahami,” katanya.

Dari pertemuan ini, Penjabat Sekda Provinsi Kalbar mengharapkan adanya kesepakatan bersama, untuk itu baik dari Bappeda maupun Biro Organisasi dapat memberikan penjelasan yang lebih detail lagi agar IKU nya lebih terarah dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Selain itu kita juga perlu memperhatikan juga kesamaan format dan polanya ketika menyusun IKU, agar ketika dilakukannya pemeriksaan oleh pihak lain tidak menimbul kesan yang berbeda antara IKU perangkat Daerah atau Ke Asistenan Satu dengan yang lainnya. Mudah – mudahan dengan hasil dari pertemuan ini, menghasilkan IKU nya Asisten dan sekaligus IKU nya Sekda yang betul-betul valid yang kita miliki,”kata Bari.

Ia juga menekankan pentingnya IKU sebagai alat ukur kinerja Sekretaris Daerah dalam mencapai target dan sasaran yang telah ditetapkan.

Rapat Finalisasi Perumusan dan Penyusunan Indeks Kinerja Utama Sekda Provinsi Kalbar turut dihadiri oleh Perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda) Provinsi Kalbar, Kepala Biro di lingkungan Sekretariat Provinsi Kalimantan Barat serta Perwakilan tim unit perencanaan di lingkungan masing-masing Biro pada Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS