Pemilu  

Komnas HAM Soal Kasus Kematian Petugas Pemilu

Komisioner Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi. SUARAKALBAR.CO.ID/Suara.com

Suara Kalbar– Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM menyusun laporan hasil pemantauan Pemilu 2024. Komisioner Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi menyebut di antara laporan yang mereka susun di antaranya terdapat dapat petugas Pemilu yang meninggal dunia saat bertugas.

“Tunggu saja, Komnas HAM sedang menyiapkan laporan lengkap hasil pemantauan. Termasuk soal petugas pemilu (yang meninggal). Setelah itu akan dirilis,” kata Pramono dikutip dari Suara.com, Senin (19/2/2024).

Karena masih dalam proses pelaporan Pramono enggan membeberkan temuan awal Komnas HAM.

Sementara itu, data Kementerian Kesehatan hingga 17 Februari, terdapat 57 petugas Pemilu yang meninggal dunia. Petugas yang meninggal dunia di antaranya; 29 anggota KPPS, 10 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), 9 saksi, 6 petugas, 2 panitia pemungutan suara, dan 1 anggota Bawaslu.

Disebutkan mereka yang meninggal diakibatkan berbagai hal di antarnya serangan jantung, kecelakaan, gangguan pernafasan, dan hipertensi. Adapun berdasarkan usia, empat petugas berusia 17-20 tahun, tujuh petugas berusia 21-30 tahun, delapan petugas berusia 31-40 tahun, 18 petugas berusia 41-50 tahun, 15 petugas berusia 51-60 tahun, dan lima petugas berusia di atas 60 tahun.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS