Kunjungan di RSUD Soedarso Pontianak Mengalami Peningkatan Signifikan di Tahun 2023

Direktur RSUD Soedarso, Hary Agung Tjahyadi (SUARAKALBAR.CO.ID/FAJAR BAHARI)

Pontianak (Suara Kalbar) – Sepanjang tahun 2023, kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Soderaso Pontianak mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD Soedarso, Hary Agung Tjahyadi saat memaparkan data capaian kinerja rumah sakit sepanjang tahun 2023, pada Selasa (02/01/2024) sore.

Adapun jumlah kunjungan RSUD Soedarso pada tahun 2023 sebanyak 193.473 kunjungan yang didominasi oleh Instalasi Rawat Jalan sebanyak 126.354 kunjungan. Jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, kenaikan signifikan terjadi dimana di tahun tersebut, RSUD Soedarso hanya menerima 142.744 kunjungan.

“Jumlah kunjungan sangat meresap, ada beberapa indikator yang kita lihat sebenarnya, Instalasi Gawat Darurat dan Rawat Inap naik dibanding tahun-tahun sebelumnya, naiknya sekitar hampir 30 persen,” jelas Hary Agung Tjahyadi.

Lebih jauh, Hary Agung Tjahyadi menjelaskan, akibat melonjaknya jumlah kunjungan membuat pihak rumah sakit harus melakukan penambahan tempat tidur. Bahkan di bulan Agustus 2023 lalu, akibat lonjakan sejumlah kasus, Bad Occupancy Rate (BOR) atau prosentase pemakaian tempat tidur meningkat hingga 93 persen.

“Kalau kita lihat dari BOR tahun 2023, ada yang sampai 93 persen di Agustus, ini kemudian ada penambahan tempat tidur untuk menangani lonjakan kaus yang tinggi, karena ditambah kasus DBD yang naik bulan Juli Agustus bertambah kuat,” tambah Hary Agung.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS