Goa Pate, Goa Batu Purba “Eksotis” di Bengkayang

Penjelajah saat memasuki Goa Pate yang merupakan goa batu purba di jalan perbatasan Indonesia dan Malaysia di Desa Siding Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. SUARAKALBAR.CO.ID/ HO.Disporapar Kabupaten Bengkayang.

Bengkayang (Suara Kalbar)- Bagi para travelers atau sobat-sobat yang senang wisata alam, maka Goa Batu Purba di jalan perbatasan negara Indonesia – Malaysia di Desa Siding Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat bisa menjadi pilihan.

Dilansir dari website resmi Disporapar Kabupaten Bengkayang bahwa Goa Batu Purba bertingkat dengan dinding Karts dihuni jutaan kelelawar, area ini diyakini jaman dahulu berada di bawah laut karena ditemukan banyak fosil kerang laut.

Kawasan goa ini memiliki legenda sebagai hunian nenek moyang masyarakat dayak bidayuh, terdapat banyak lorong tak berujung di goa ini, hingga saat ini belum pernah dilakukan penelitian keberadaan lorong-lorong dalam goa.

Areal hutan yang mengelilingi goa dengan pohon-pohon tumbuh pada dinding-dinding tebing, membuat setiap pengunjung akan merasakan sejuknya oksigen hutan tropis.

Di kawasan Goa Pate ini juga terdapat berbagai fauna dan flora endemik seperti beruang madu, kucing hutan, berbagai burung dengan kicauan yang memecah keheningan hutan, anggrek hutan dengan bunga warna warni, pakis rusa yang menempel pada pepohonan hutan.

Goa Pate terletak di jalan perbatasan negara Indonesia – Malaysia di Desa Siding Kecamatan Siding Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, untuk mencapai objek wisata ini dapat di tempuh 150 menit perjalanan dari Kota Bengkayang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Exit mobile version