Dinas Perikanan Kubu Raya: 2000 Nelayan Sudah Miliki Kartu Kusuka

Kapal nelayan saat bersandar di salah satu dermaga di Kabupaten Kubu Raya.[SUARAKALBAR.CO.ID/Yatis S]

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Dalam upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat nelayan di Kubu Raya, lebih dari 2000 nelayan telah menerima Kartu Kusuka.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kubu Raya Alawiyah Almutahar mengatakan,  berdasarkan data Dinas Perikanan ada 2000 lebih nelayan di Kubu Raya yang telah memiliki kartu kusuka dan diperkirakan akan terus bertambah.

“Data kita ada 2000 nelayan dan sisanya masih menunggu tahap validasi untuk proses pendataan di kusuka ini,” kata Alawiyah Sabtu(06/01/2024) pagi.

Alawiyah menuturkan kartu kusuka merupakan kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan yang digunakan sebagai identitas tunggal pelaku usaha kelautan dan perikanan. Kartu kusuka ini tidak hanya dimiliki oleh nelayan namun juga di miliki oleh,pembudidaya ikan pengolah dan pemasar hasil perikanan yang diterbitkan oleh kementrian kelautan dan perikanan.

“Kartu ini juga dimiliki oleh profesi lain namun yang berhubungan dengan perikanan, sehingga kami dorong pengusaha perikanan dan nelayan yang belum terdaftar untuk mengurus kusuka,” tuturnya.

Alawiyah menambahkan selain terdata nelayan juga kedepan melalui kartu tersebut dapat dipermudah di bidang pendidikan bagi anak-anak nelayan yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah perikanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS