Bhabinkamtibmas Parindu Pantau Banjir di Dusun Pulau Mpoh Sanggau

Bhabinkamtibmas Polsek Parindu Monitoring Lokasi Berpotensi Banjir Di Wilayah Kecamatan Parindu,[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Polres Sanggau]
Sanggau (Suara Kalbar)-Situasi banjir di wilayah Dusun Pulau M’poh, Desa Gunam, Kecamatan Parindu, menjadi perhatian Bhabinkamtibmas Polsek Parindu Bripka Agus Setya Wanto.

Bersama dengan Babinsa Koramil Parindu Kopda Aribetes, kawil dusun, anggota BPBD Desa Gunam, serta masyarakat setempat, mereka melakukan pengecekan dan monitoring terkait dampak bencana alam berupa banjir yang terjadi.

Bripka Agus Setya Wanto mengatakan bahwa Monitoring peningkatan ketinggian Debit air akibat Intesitas Curah Hujan meningkat sehingga Sungai Ensabal Meluap.


“Berdasarkan Pengecekan dan Monitoring yang dilakukan disampaikan update situasi batingsor diwilayah Kecamatan Parindu bahwa dijalan pemukiman masyarakat RT. 01 Dusun Pulau M’poh Desa Gunam Kecamatan Parindu sudah mulai digenangi air dengan ketinggian air sekira 60 cm – 80 cm,” katanya dalam keterangan, Sabtu (20/1/2024).
Dirinya menambahkan, untuk Rumah warga yang sudah terdampak digenangi air sebanyak 1 (satu) unit rumah milik Sdr. P. Iet yang berada di Rt. 01 Dusun Pulau M’ Poh Desa Gunam Kecamatan Parindu.

“Sedangkan untuk rumah yang sudah terisolir terdapat 2 (dua) unit rumah yakni rumah Sdr. Adi dan Sdr. Pimpin. Sementara untuk aktivitas anak sekolah di SD 05 Beruak sementara diliburkan,” ungkap Bripka Agus.

Ia mengungkapkan ketinggian air disebabkan Intensitas Curah hujan meningkat sehingga mengakibatkan air sungai Ensabal meluap dan menggenangi jalan dipemukiman masyarakat.

“Apabila Intensitas Curah Hujan meningkat mengakibatkan ketinggian air akan bertambah sehingga dapat mengganggu aktifitas masyarakat. Sehingga diperlukannya akomodasi Sampan sebagai sarana transportasi untuk mengangkut Siswa/i SD berangkat kesekolah,” pungkasnya.