Mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak di Mempawah Hilir Usung Kearifan Lokal

Para mahasiswa KKM IKIP PGRI Pontianak saat berfoto bersama dengan Lurah Kelurahan Tanjung di Kantor Kelurahan Tanjung, Mempawah Hilir belum lama ini. SUARAKALBAR.CO.ID/HO.Istimewa.

Mempawah (Suara Kalbar) – Sebanyak 12 mahasiswa dari berbagai program studi diantaranya Pendidikan Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Teknologi Informasi, Bimbingan Konseling, dan Sejarah IKIP PGRI Pontianak melakukan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa yang dimulai sejak 13 November- 3 Desember 2023 di Kelurahan Tanjung, Mempawah Hilir.

Dalam kegiatan ini, Dosen Pembimbing Dr Adisti Primi Wulan, M.Pd secara simbolis menyerahkan mahasiswa kepada Lurah Kelurahan Tanjung Hery Susanto mengawali keterlibatan mereka dalam berbagai kegiatan bermanfaat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun kegiatan yang dilakukan selama kegiatan KKM ini berlangsung yaitu Berkontribusi dalam program posyandu lansia, Bakti sosial fasilitas umum, Bimbingan belajar gratis, Sosialisasi Stunting, Bercerita sambil berhitung (Cartung), Penanaman Toga (Penanaman Obat Keluarga),” ujar Dosen Pembimbing Adisti Primi Wulan.

Posyandu Lansia di Kelurahan Tanjung diadakan setiap bulan pada tanggal 16, disana terdapat pemeriksaan kesehatan lansia yang dilakukan oleh Tenaga Medis Setempat.

“Bakti Sosial yang diadakan pada setiap hari Jumat oleh Masyarakat setempat. Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak juga mengadakan Bimbingan Belajar Gratis bersama anak-anak di kelurahan Tanjung. Yang biasanya dilaksanakan setiap hari setelah pulang sekolah,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi stunting yang dihelat pada 27 November 2023 sudah dilaksanakan.

“Kegiatan yang kami lakukan dalam memberdayakan Masyarakat berupa sosialisasi Stunting bersama Ibu yang memiliki balita serta Ibu Hamil yang ada di Kelurahan Tanjung,” ujar Muhammad Tauhid, Ketua KKM IKIP PGRI Pontianak.

Kegiatan Stunting ini diisi oleh Pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah Jaya Putra dengan kegiatan itu masyarkat setempat sangat berantusias karena dapat menambah wawasan baru.
Selain itu, kata Tauhid, adapun kegiatan Cerita sambil Berhitung (Cartung) dengan kearifan lokal yang berbasis Pendidikan diadakan di KB Mutiara Ibu dan SPS Kejora Balita Kelurahan Tanjung.

Untuk membantu meningkatkan literasi anak-anak dengan mengenal Cerita Rakyat “Buaya Kuning” yang popular dimasyarakat Mempawah.

“Kami menggunakan media Diorama yaitu sejenis benda miniatur 3D yang menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan agar menarik antusias anak-anak untuk belajar dan mengenal kearifan lokal yang ada,” jelasnya.

Pihaknya melakukan berbagai kegiatan diantaranya penanaman obat keluarga. “Kami melakukan Penamaman Obat Keluarga (TOGA) didepan Gedung PNPM Kelurahan Tanjung guna membudidayakan tanaman yang berkhasiat,” kata Muhammad Tauhid.

Kegiatan ini berlangsung pada 3 Desember 2023 adapun jenis TOGA yang ditanam diantaranya tanam, yaitu kunyit, kencur, jahe, lidah buaya, cabai, bunga telang, dan lain sebagainya.

Sebagai penutup yang berkesan, momen penarikan mahasiswa KKM Kecamatan Mempawah Hilir oleh Dosen Pembimbing dua yaitu Superman dengan menandai selesainya serangkaian kegiatan yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi pendidikan, sosial, dan interaksi antara kampus dan masyarakat di Kelurahan Tanjung.

Kegiatan ini sangat diterima baik oleh Masyarakat Kelurahan Tanjung, Dengan Kegiatan ini Mahasiswa KKM IKIP PRGI Pontianak sangat berterima kasih kepada masyakarat setempat karena kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan positif guna menambah ilmu dan wawasan mahasiswa.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS