Warga Waspada Pasang Surut Air Laut di Pontianak

Pasang air laut yang terjadi di Kota Pontianak.[SUARAKALBAR.CO.ID/Yati S]

Pontianak (Suara Kalbar) – Sejumlah jalan dan pemukiman warga di korta Pontianak mulai digenangi air.

Satu diantara warga yang mengeluhkan pasang air laut yakni Nurmiati dirinya mengaku harus mengantisipasi barang -barang ketempat yang lebih tinggi agar tidak terendam genangan dari pasang air laut.

“Sudah biasa seperti ini, kalau air pasang pasti cepat selamatkan barang agar tidak rusak,” kata Nurmiati Selasa (21/11/2023) siang.

Sementara itu BMKG Maritim Pontianak memperkirakan pasang air laut terjadi di kota pontianak,ketinggian pasang tersebut mencapai 1,7 meter yang terjadi pada Mingu dan Selasa kemarin sedangkan untuk tanggal 21- 26 November ketingginya berkisar antara 1,6 dan 1,5.

“Pasang air laut diprediksi masih akan terjadi sampai 26 November mendatang,namun ketinggian tidak separah kemarin,” jelas Bayu Prakirawan BMKG Maritim.

Air pasang terjadi pada pukul 11 sampai 13:00 WIB,meski demikian sebelum jam tersebut genangan sudah terjadi di dataran rendah sekitaran sungai dan pemukiman penduduk.

Namun biasanya dua jam sebelum puncak pasang air laut,genangan sudah cukup tinggi. Meski beberapa hari kedepan air pasang tidak terlalu tinggi namun diprediksi akan meningkat kembali pada akhir november diperkirakan akan berlangsung hingga awal desember.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS