Wali Kota Pontianak Pantau Progres Pembangunan dan Bersihkan Sampah di Waterfront

Wali Kota Monitor Progres Pembangunan, JUmat (17/11/2023).[SUARAKALBAR.CO.ID/Gema]

Pontianak (Suara Kalbar)- Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, secara rutin menjalani aktivitas olahraga dengan berjalan kaki di sepanjang waterfront setiap Jumat pagi. Dalam aktivitas tersebut, ia turut serta membersihkan sampah dan mencabut rumput liar di sepanjang waterfront segmen Kapuas Indah – Senghie. Aktivitas ini juga menjadi kesempatan bagi Wali Kota untuk memantau progres pembangunan di area tersebut.

“Penataan di sepanjang waterfront ini akan mengubah wajah Pontianak. Gedung-gedung di sepanjang Jalan Sultan Mahmud akan dihadapkan ke arah sungai,” ungkapnya saat meninjau waterfront, Jumat (17/11/2023).

Edi Rusdi Kamtono menyatakan bahwa penataan di sepanjang waterfront akan mengubah wajah Kota Pontianak. Gedung-gedung di sepanjang Jalan Sultan Mahmud akan dihadapkan ke arah Sungai Kapuas. Bersama warga sekitar, ia berbaur dalam kegiatan membersihkan sampah dan merawat lingkungan di waterfront.

Setelah beraktivitas di waterfront, Wali Kota Pontianak melanjutkan perjalanannya dengan berjalan kaki menyusuri tepian Sungai Kapuas. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pontianak, Firayanta. Selama perjalanan, Edi Rusdi Kamtono juga melihat progres pembangunan Mal Pelayanan Publik yang saat ini tengah dikerjakan.

Melalui Dinas PUPR Kota Pontianak, Pemerintah Kota berencana untuk membuat satu taman lagi di Jalan Bardan Nadi, Kelurahan Tengah, Kecamatan Pontianak Kota. Wali Kota menyampaikan bahwa target pembangunan akan dipercepat agar taman tersebut segera beroperasi dan dinikmati oleh masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota untuk menjadikan Pontianak sebagai “sport city” yang dikenal melalui ruang-ruang publik.

“Setelah dipusatkan di Pontianak Barat, Pontianak Kota dan Pontianak Selatan, pembangunan akan menyasar Pontianak Timur dan Utara. Tujuannya agar pembangunan merata,” katanya.

Edi Rusdi Kamtono menegaskan bahwa setiap infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah memberikan kesempatan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelaku usaha kecil semakin mendapatkan pesanan di pusat-pusat aktivitas warga. Oleh karena itu, Wali Kota mengajak masyarakat untuk saling menjaga fasilitas yang telah dibangun, termasuk dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Buang sampah pada tempatnya, lebih baik lagi diolah dari rumah. Jangan buang di parit atau sungai,” pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS