Sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional di Bengkayang

Sosialisasikan SIINas bagi 20 pelaku IKM di Bengkayang, Rabu (1/11/2023). ANTARA

Bengkayang (Suara Kalbar)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, telah melakukan sosialisasi terkait Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) kepada 20 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di daerah tersebut.

Kepala Disperindag Kabupaten Bengkayang, Yan, menyatakan bahwa sosialisasi SIINas ini memiliki signifikansi penting bagi para pelaku IKM di Bengkayang, terutama dalam konteks penerapan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) melalui akun Online Single Submission (OSS) atau Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

“Sosialisasi SIINas ini penting bagi pelaku IKM di Bengkayang karena menyangkut penerapan pendaftaran NIB di akun Online Single Submission (OSS) atau Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, ” ujarnya melansir dari ANTARA, Kamis(2/11/2023).

Ia menjelaskan bahwa bahwa SIINas ini adalah suatu mekanisme untuk mempermudah dan mempercepat proses penyampaian data yang berasal dari dunia usaha kepada pemerintah.

“Data tersebut merupakan input yang selanjutnya diolah, dianalisis, dan dijadikan sebagai dasar pijakan bagi pemerintah dalam menyusun rangkaian kebijakan yang pro industri, seperti jaminan ketersediaan pasokan bahan baku dan energi, perlindungan dari serbuan barang-barang impor, pemberian fasilitas fiskal dan non fiskal, serta kebijakan-kebijakan lainnya,” kata dia.

Ia menambahkan bahwa ada kata nasional yang terdapat pada SIINas memiliki makna bahwa sistem ini merupakan hasil kerja bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat yang saling berintegrasi.

“Kita harap SIINas dapat menjadi rujukan tunggal mengenai data industri bagi pelaku IKM di Bengkayang,” kata dia.

Pihaknya terus melakukan upaya pendampingan untuk kemajuan IKM di Kabupaten Bengkayang dan berharap pelaku usaha terus meningkatkan kemampuan serta daya saing.

“Pemerintah terus mendukung dan mendampingi pelaku IKM agar naik kelas dan usahanya maju. IKM memiliki peran strategis baik untuk daerah dan nasional terutama memajukan ekonomi masyarakat,” kata dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS