PLN Sukses Gelar Event Gebyar UMKM, Gandeng Pelaku Usaha Binaan di Rumah BUMN Sintang

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sintang, Arbudin, disela-sela kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Indoor Apang Semangat, Jalan Stadion Sintang, pada Sabtu (14/10/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/HO.PLN Kalbar.

Sintang (Suara Kalbar)- Sukses gelar event Gebyar UMKM di Kabupaten Sintang dengan menggandeng pelaku usaha binaan Rumah BUMN, PLN dan Pemerintah Kabupaten Sintang sepakat jadikan kegiatan ini menjadi event rutin tahunan.

Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sintang, Arbudin, disela-sela kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Indoor Apang Semangat, Jalan Stadion Sintang, pada Sabtu (14/10/2023).

Menurut Arbudin, kegiatan ini sangat positif dalam mendukung geliat dunia usaha di Kabupaten Sintang dan sekitarnya.

“Melihat antusiasme masyarakat dan para pelaku usaha yang hadir dalam event Gebyar UMKM ini, kami berkomitmen untuk menjadikan event ini menjadi agenda rutin tahunan di Kabupaten Sintang,” ujar Arbudin.
Diakuinya, kerjasama yang terjalin secara pentahelix antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan Rumah BUMN binaan PLN, serta perusahaan-perusahaan swasta tentunya akan berdampak positif secara meluas bagi para pelaku UMKM.

General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung perkembangan usaha para pelaku UMKM di Kalbar dengan berbagai program pembinaan serta pendampingan usaha lewat Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Sebagai perpanjang- tanganan Pemerintah, PLN memiliki kewajiban untuk mendukung program-program Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat,” kata Jatmiko.

Ia juga menegaskan bahwa selain menjalankan amanah pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, PLN juga memiliki misi sosial dalam memberdayakan potensi yang ada di masyarakat.

“Dalam menjalankan misi sosialnya, tentunya PLN tidak dapat bekerja sendiri, kami butuh dukungan dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar program TJSL yang dijalankan dapat mencapai hasil yang maksimal,” imbuh Jatmiko.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPPM Sapta Karya Mandiri, Suherman, mengatakan bahwa kegiatan Gebyar UMKM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Ulang Tahun UMKM ke-8 Tahun 2023.

Selain menggelar Bazaar produk yang diikuti oleh 61 pelaku UMKM di Sintang dan Sekadau, kegiatan sehari ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti senam bersama, hiburan Marching Band, donor darah, talkshow , dan fashion show produk-produk UMKM.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM dapat dikenal lebih luas, baik ditingkat lokal, nasional, bahkan hingga ke manca negara,” pungkas Suherman.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS