Pak Laheng Jadi Desa Bersinar, Ini Harapan Bupati Mempawah Erlina

Bupati Mempawah Erlina, Wabup Muhammad Pagi, Kepala BNNK Mempawah AKBP Agus Sudiman, Camat Toho Ferdinanda, dan Kepala Desa Pak Laheng Hamdani menunjukkan simbol ‘katakan tidak pada narkoba’ usai Launching Pak Laheng Desa Bersinar, Selasa (31/10/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina melaunching Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mempawah, di Desa Pak Laheng, Kecamatan Toho, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan yang dirangkai dengan pembacaan Ikrar Anti Narkoba oleh Satgas Anti Narkoba dan penandatangan Piagam Komitmen Bersama Desa Pak Laheng Bersinar, berlangsung di Rumah Adat Dayak Desa Pak Laheng.

Turut hadir Kepala BNNK Mempawah AKBP Agus Sudiman, Wakil Bupati Muhammad Pagi yang juga Ketua Tim Terpadu P4GN Mempawah, Forkorpimcam, Kades Pak Laheng Hamdani dan masyarakat.

Bupati atas nama Pemkab Mempawah menyambut baik dan mendukung penuh terbentuknya Desa Bersinar di Kabupaten Mempawah, yang sejak tahun 2020 hingga 2023 sudah berjumlah 9 desa.

“Desa Bersinar ini merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa. Pengelolaannya dilakukan secara mandiri oleh pemerintah desa bersama masyarakat,” katanya.

Erlina berharap keberadaan Desa Bersinar yang didukung berbagai elemen masyarakat, bisa lebih memperkuat upaya pencegahan secara dini dan edukasi masyarakat agar jangan sekali-sekali menggunakan narkoba.

“Insya Allah dengan pencanangan Desa Bersinar, peredaran gelap narkoba di Desa Pak Laheng akan berkurang dan bagi masyarakat diharapkan dapat berperan aktif menyelamatkan masyarakat dari bahaya narkoba,” ucapnya.

Kepala BNNK Mempawah Agus Sudiman mengatakan program Desa Bersinar ini merupakan kegiatan skala nasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 hingga sekarang.

“Program ini juga sebagai wujud aksi nasional percepatan penanganan bahaya narkoba di masyarakat, dan akan terus dilaksanakan secara komprehensif di seluruh desa di Kabupaten Mempawah,” katanya.

Agus Sudiman juga menyampaikan Desa Pak Laheng merupakan Desa Bersinar kesembilan di Kabupaten Mempawah, dan mendapat respon dan sambutan antusias dari pihak desa.

“Tentunya perlu sinergitas dan komitmen bersama dari seluruh stakeholder untuk menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba hingga ke tingkat desa,” ujar mantan Kepala BNN Kota Pontianak ini.

Berikut ini 9 desa/kelurahan yang telah ditetapkan sebagai Desa Bersinar di Kabupaten Mempawah sejak tahun 2020.

Tahun 2020 di Desa Sungai Kunyit Dalam Kecamatan Sungai Kunyit dan Desa Parit Banjar Kecamatan Mempawah Timur.

Tahun 2021 Desa Antibar Kecamatan Mempawah Timur dan Desa Penibung Kecamatan Mempawah Hilir.

Tahun 2022 Kelurahan Terusan Kecamatan Mempawah Hilir, Kelurahan Anjungan Melancar dan Desa Anjungan Dalam Kecamatan Anjongan.

Tahun 2023 Desa Toho Ilir dan Desa Pak Laheng Kecamatan Toho.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS