Lanjutkan GBBD, Wujud Pemkab Mempawah Utamakan Pelayanan Prima untuk Masyarakat Desa

Bupati Erlina didampingi Kakan Kemenag Mempawah Hasib Arista, Camat Ismayuda dan jajaran Forkorpimcam Mempawah Hilir saat meninjau salah satu pelayanan bagi industri kecil menengah di lokasi GBBD Desa Malikian, Jumat (6/10/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina mengaku bahagia dapat bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat tiga desa di Kecamatan Mempawah Hilir dalam kegiatan Gema Bina Bangun Desa (GBBD).

Hal itu ia sampaikan saat membuka kegiatan GBBD di Kecamatan Mempawah Hilir yang dipusatkan di Halaman Yayasan Darul Ma’arif Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Desa Malikian, Jumat (6/10/2023).

“Alhamdulillah, senang sekali hari ini saya bersama Pak Wakil Bupati, Pimpinan OPD Pemkab Mempawah dan instansi vertikal bisa bertemu dengan masyarakat Desa Malikian, Sengkubang dan Penibung,” katanya.

Bupati mengatakan GBBD digelar Pemkab Mempawah sebagai sarana pertemuan bagi kepala daerah dengan warga yang bertujuan mendekatkan para pemimpin di kabupaten dengan masyarakat desa.

“Selain itu, selama sehari pelaksanaan GBBD, kita juga memberikan pelayanan prima yang langsung kepada masyarakat desa. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang dari desa ke pusat kota,” katanya.

Erlina melanjutkan selain bersilaturahmi dengan masyarakat, GBBD juga menjadi ajang bagi pemerintah daerah menyerap aspirasi masyarakat dan mengetahui secara langsung permasalahan di desa.

“Nah melalui kegiatan ini kita harap dapat menjadi wadah kita bersama-sama mencari solusinya permasalahan yang ada atau kita programkan dalam rencana pembangunan daerah,” ungkapnya.

Melalui GBBD, Erlina berharap tidak ada lagi kesenjangan antara pejabat dan masyarakat desa. Karena masyarakat desa dapat langsung berdiskusi dengan pemangku kepentingan melalui dialog pembangunan.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Mempawah Rohmat Effendy selaku ketua panitia melaporkan tujuan kegiatan.

Yaitu untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, harmonisasi dan kerjasama yang kuat antara pemerintah daerah dengan pemerintah kecamatan, pemerintah desa, serta masyarakat.

Termasuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mengidentifikasi, mendengar permasalahan dan kebutuhan masyarakat desa, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan krayon dan buku mewarnai untuk kelompok belajar di tiga desa sasaran GBBD di Kecamatan Mempawah Hilir.

Selain itu juga ada penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi RT/RW dan pekerja rentan di Desa Malikian, Sengkubang dan Penibung.

Selama di Malikian, Pemkab juga melaksanakan bakti sosial khitanan massal dan donor darah, serta membuka pelayanan jemput bola diantaranya administrasi kependudukan, perizinan dan perpajakan, dan lainnya.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua TP PKK Mempawah Julina Muhammad Pagi, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Pontianak, perwakilan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Mempawah, Samsat, Bank Kalbar, Camat, Kepala Desa dan BPD, serta tokoh agama dan masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS