Gandeng Komisi IX, BPJS Kesehatan Temui Masyarakat Desa Teluk Batang Sosialisasikan Program JKN

Gandeng Komisi IX, BPJS Kesehatan Temui Masyarakat Desa Teluk Batang Sosialisasikan Program JKN. SUARAKALBAR.CO.ID/HO-BPJS

Teluk Batang (Suara Kalbar) – Guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Pontianak bersama anggota Komisi IX DPR-RI Alifudin menggelar sosialisasi Program JKN kepada masyarakat di wilayah Desa Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat pada 9 September 2023 lalu.

Dalam kesempatan ini Alifudin mengajak ratusan masyarakat Desa Teluk Batang yang hadir untuk memahami pentingnya terdaftar sebagai peserta Program JKN yang telah disediakan pemerintah Indonesia.

“kita bersama telah mengetahui bahwa sejak adanya Program JKN masyarakat semakin mudah untuk mengakses layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau, jika dulunya masyarakat enggan berobat karena mahalnya biaya layanan kesehatan, kini masyarakat dapat berobat menggunakan Kartu JKNnya untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dengan biaya terjangkau,” tutur Alifudin.

Ia menambahkan dalam perjalanannya tentu masih ada hal-hal yang harus dimaksimalkan dalam Program ini, melalui sosialisasi bersama ini diharapkan masyarakat dapat menyampaikan masukannya untuk perbaikan pelaksanaan Program JKN kedepan. Ia mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan sosialisasi bersama mitra kerja DPR RI salah satunya BPJS Kesehatan adalah sebagai bentuk pelaksanaan fungsi pengawasan dari DPR RI terhadap pelaksanaan Program JKN. Menurutnya kehadiran Program JKN yang diselenggarakan BPJS kesehatan telah membawa dampak besar bagi dunia kesehatan di Indonesia, oleh karena itu Program ini harus kita jaga bersama agar terus dapat melindungi masyarakat Indonesia.

Senada dengan hal tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Desvita mengajak masyarakat memanfaatkan layanan digital untuk kemudahan mengakses layanan Program JKN. Salah satunya melalui Aplikasi Mobile JKN dan layanan Chat Wa yang disebut Layanan PANDAWA (Pelayanan Administrasi dengan Whatsapp) melalui kedua layanan digital ini, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“seluruh lapisan masyarakat harus mendapatkan informasi terkini terkait kemudahan-kemudahan Program JKN yang disediakan BPJS Kesehatan, dimanapun berada saat ini sebagian besar masyarakat pasti sudah menggunakan Handphone. Kini cukup dengan chat WA di nomor PANDAWA 08118165165 kita sudah bisa daftar Program JKN, praktis dan mudah karena tidak perlu harus ke kantor BPJS Kesehatan,”jelas Desvita.

Ia menambahkan selain mendaftar, melalui PANDAWA peserta juga bisa mengakses berbagai layanan seperti penambahan/pengurangan anggota keluarga, perubahan/perbaikan data, pengaktifan kembali kartu, perubahan fktp, serta perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama kali. Selain PANDAWA, Aplikasi Mobile JKN juga dapat menjadi aplikasi andalan peserta JKN. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi peserta dan keluarga terkait layanan kesehatan yang telah diakses dan juga informasi lainnya terkait Program JKN, selain itu melalui Mobile JKN kita dapat mengakses Kartu Digital yang juga dapat digunakan untuk mengakses layanan kesehatan.

Kemudahan bagi peserta Program ternyata tidak hanya pada akses layanan digital yang telah disediakan BPJS Kesehatan saja, kini masyarakat yang akan mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) tidak perlu lagi membawa fisik kartu JKN, cukup menunjukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui KTP atau KK peserta sudah dapat dilayani di faskes.

“Melalui Program JKN layanan kesehatan semakin nyata dan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Fasilitas kesehatan yang beragam bahkan sampai ke daerah terpencil telah disediakan demi memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mengakes layanan kesehatan, untuk itu mari bersama kita jaga keberlangsungan program ini dengan cara memastikan kepesertaan kita aktif, membayar iuran tepat waktu bagi peserta mandiri, bagi peserta mandiri yang sudah terlanjur menunggak iuran segera daftar program cicilan yang disediakan melalui Program REHAB (Rencana Pembayaran Iuran Bertahap),” tutup Desvita .

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS