Sambas  

DPRD Sambas Sambangi BNPP RI, Bahas Isu Perbatasan

Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar didampingi para Ketua Komisi DPRD seperti Ketua Komisi I Lerry Kurniawan Figo, Ketua Komisi III Trisno dan Ketua Komisi IV Anwar saat konsultasi dan koordinasi ke Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia, Senin (23/10/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/ Zulfian.

Sambas (Suara Kalbar)- Komisi-Komisi DPRD Kabupaten Sambas melaksanakan kunjungan kerja lintas komisi dalam rangka konsultasi dan koordinasi ke Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia, Senin (23/10/2023).

Kunjungan Kerja dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar didampingi para Ketua Komisi DPRD seperti Ketua Komisi I Lerry Kurniawan Figo, Ketua Komisi III Trisno dan Ketua Komisi IV Anwar.

Komisi-komisi DPRD Kabupaten Sambas yang turut serta dalam kunjungan kerja dimaksud diantaranya Komisi I, Komisi II, Komisi III dan Komisi IV.

Kunjungan lintas komisi dimaksud didampingi dari unsur teknis Organisasi Perangkat Daerah seperti Asisten III Setda Kabupaten Sambas, Perwakilan Inspektorat Kabupaten Sambas, Perwakilan Bappeda Kabupaten Sambas.
Di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan RI, Rombongan DPRD Kabupaten Sambas disambut langsung Harris Fadhly Plt Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan BNPP RI dan jajaran.

“Maksud dan tujuan kunjungan ke BNPP RI dalam rangka mendalami informasi sekaligus mendapatkan saran masukan mengenai Peran Pemerintah Kabupaten Sambas dalam pengelolaan perbatasan negara untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan isu-isu strategis perbatasan negara,” jelasnya.

Dikatakan Ketua DPRD Sambas, legislatif banyak mendapatkan masukan dan informasi mengenai arah pengembangan perbatasan.

“Kunjungan DPRD ke Badan Nasional Pengelola Perbatasan RI dalam rangka DPRD menggali informasi sudah sejauh mana program-program BNPP dalam pengembangan kemajuan pembangunan perbatasan negara di Kabupaten Sambas,” ujar Ketua DPRD Sambas.

Selain itu, dijelaskan Abu Bakar, Pelaksanaan Inpres Nomor 1 Tahun 2021, mendapat apresiasi dan perhatian penting dari DPRD Kabupaten Sambas. Kata dia, terdapat beberapa masukan dari BNPP untuk daerah dalam mendukung program pembangunan perbatasan.

“BNPP RI mendorong agar kedepannya, Kabupaten Sambas memiliki struktur organisasi yang khusus menangani Perbatasan. Mereka memang menyarankan agar dibentuk Nomenklatur Badan Pengelola Perbatasan ditingkat Daerah,” ujar H Abu Bakar, yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sambas.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo. Kata dia, hasil masukan dari BNPP lainnya bagaimana mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi wilayah perbatasan.

“Kita bersyukur, Kabupaten Sambas menjadi sasaran dari Inpres Nomor 1 tahun 2021 lalu. Walau sekarang sudah habis masa berlaku Inpres tersebut, dampak positif dari penerapan Inpres dimaksud, Perbatasan Kabupaten Sambas memiliki beberapa dukungan Sarana Prasarana yang potensial, saran dari BNPP, sekarang tinggal bagaimana Daerah memberikan perhatian pada upaya-upaya peningkatan pertumbuhan ekonominya lagi,” kata Figo.

Diakui dia, pengembangan perbatasan di Wilayah Kabupaten Sambas, memang masih terdapat kendala tertentu seperti masih banyaknya wilayah yang masuk hutan kawasan dan lain sebagainya.

“Termasuk tantangan belum adanya nomenklatur khusus yang fokus pada pengelolaan perbatasan. Saran BNPP RI, memang diperlukan badan pengelola perbatasan tingkat daerah. Ini akan menjadi perhatian kami dilegislatif, bagaimana nantinya ini menjadi point penting untuk kami sampaikan ke Pemerintah daerah,” tegas Figo.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS