Bandara VVIP di IKN Terkoneksi dengan Jalan Tol Seksi 5B

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga dalam diskusi bersama media di Jakarta, Jumat (27/10/2023). ANTARA

Jakarta (Suara Kalbar)- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengumumkan bahwa Bandara Very Very Important Person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara telah terkoneksi dengan Jalan Tol IKN Seksi 5B.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, menjelaskan bahwa Kementerian PUPR telah membangun akses exit tol IKN yang menghubungkan bandara VVIP dengan jaringan jalan dan tol di sekitarnya. Ini adalah langkah penting untuk memastikan konektivitas yang baik antara bandara dan infrastruktur transportasi lainnya.

“Betul terkoneksi dengan jalan tol IKN seksi 5B,” ujarnya melansir dari ANTARA, Jumat(27/10/2023).

Danis mengatakan, Kementerian PUPR membangun akses exit tol IKN yang terkoneksi dengan bandara VVIP dan juga jalan-jalan daerah.

“Kita tidak boleh mematikan jalan daerah, jadi di wilayah tersebut dibangun akses exit tol,” katanya.

Saat ini Jalan Tol IKN Seksi 5B, 6A, dan 6B dalam proses pembangunan sebagai infrastruktur dasar konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR ditugaskan untuk proyek bandara VVIP seperti membangun landasan pacu (runway), bagian parkir pesawat (apron) dan landasan penghubung (taxiway).

Sedangkan Kementerian Perhubungan menangani pembangunan terminal Bandara VVIP.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara VVIP IKN, Menteri Perhubungan bersama Menteri PUPR ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin pembangunan serta pengoperasian Bandara VVIP.

Bandara VVIP IKN digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Bandara ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5.000 m² serta runway sepanjang 3.000 x 485 meter.

Bandara VVIP IKN memiliki runway yang mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Adapun pendanaan pembangunan dan pengoperasian Bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS