30 Tim Bersaing dalam Lomba Dayung Perahu Naga di Ketapang

Open turnamen lomba dayung perahu naga Lanal Ketapang di Sungai Pawan, Minggu (22/10/2023).[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-Suaraketapang]

Ketapang (Suara Kalbar) – Sebanyak 30 tim lomba dayung perahu naga, yang digelar Pangkalan Angkatan Laun (Lanal) Ketapang, adu kecepatan di Sungai Pawan, Minggu (22/10/2023).

Tim Perahu Naga tersebut berasal dari lima kabupaten/kota, diantarnya, Kota Pontianak, Kabupaten Sambas, Mempawah, Kubu Raya dan tim tuan rumah Kabupaten Ketapang. Selain itu ada tujuh tim dayung lainnya dari sejumlah kecamatan. Mereka bermain dalam pertandingan persahabatan.

Dalam satu sesi perlombaan, tiga tim perahu naga berebut menjadi yang tercepat. Dari titik awal hingga finis, mereka harus menempuh jarak hingga 500 meter. Open turnamen ini akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Seremonial pembukaan dipusatkan di tepian Sungai Pawan Tanam Merdeka Ketapang. Selain dari jajaran TNI, dan unsur Forkopimda, Bupati Ketapang Martin Rantan juga turun hadir secara langsung dalam seremonial pembukaan.

Danlanal Ketapang, Letkol Laut (P) Ivan Halim mengatakan, event ini menjadi satu diantara rangkaian HUT ke 78 TNI dan gawai akbar Pemkab Ketapang Napak Tilas.

“Kegiatan Lomba Dayung ini bertujuan untuk menunjukkan dan menggambarkan rasa semangat perjuangan pantang menyerah sekaligus hiburan kepada kita semua sehingga mempunyai nilai sosial kepada masyarakat, papar Ivan Halim.

Ivan Halim mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk terus menjaga kelestarian sungai dan lebih meningkatkan rasa persaudaraan, serta bisa menyaring dan menciptakan bibit atlet dayung dari Provinsi Kalimantan Barat, ujarnya.

“Open turnamen Dayung Danlanal Ketapang tahun 2023 memiliki makna yang sangat penting dalam meningkatkan kecintaan olahraga bahari yang ada di Kabupaten Ketapang khususnya dan Provinsi Kalimantan Barat pada umumnya,” ucap Ivan Halim.

Menurut Ivan Halim, olahraga merupakan kompetisi yang menjunjung tinggi sportivitas dan dapat dijadikan ajang silaturahmi sehingga harmonisasi keakraban dan persaudaraan tetap terjalin dengan baik tanpa mengesampingkan semangat berkompetisi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS