Robo’-robo’ di Belitang Sekadau, Forkopimka Sambangi Warga

Ritual makan di ranah dalam rangka Robo'-Robo' di Dusun C Desa Belitang Satu, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Rabu (13/9/2023). SUARAKALBAR.CO.ID.

Sekadau (Suara Kalbar)- Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Belitang yang dipimpin oleh Kasi Kesra menyambangi warga yang menggelar ritual makan di ranah dalam rangka Robo’-Robo’ di Dusun C Desa Belitang Satu, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Rabu (13/9/2023).

Tampak dalam rombongan anggota Danramil Belitang, sejumlah Kasi dan Staf kecamatan, kepala Dusun, Sekdes, Kaur dan anggota Polsek Belitang.

Dalam kunjungan nya ini rombongan menyinggahi kerumunan masyarakat yang sedang melaksanakan tradisi Robo’ dalam bentuk makan di tanah dan do’a serta mandi tolak bala’.
Kepala Dusun C Belitang Satu Firman mengatakan bahwa tradisi ini sudah berlangsung turun temurun dari generasi ke generasi.

“Di sini setiap bulan Safar setiap malam dilaksanakan pembacaan sholawat Farijah di masjid dan keliling rumah ke rumah, setelah itu pada Rabu terakhir bulan Safar dilaksanakan acara makan di tanah,” ujar Firman.

Kemudian salat tolak bala, mandi tolak bala, do’a tolak bala dan Bubur Safar, serta di tiga hari terakhir bulan Safar dilaksanakan pembacaan sholawat Farijah secara jalan kaki ramai-ramai keliling kampung, semua tujuan nya untuk ikhtiar menolak bala’.

Sejak pagi masyarakat telah berkumpul di tenda – tenda yang didirikan secara berkelompok untuk memasak dan makan bersama beramai -ramai dalam tradisi Robo’ di Belitang Satu yang merupakan kampung dengan peradaban tua yang masih menjaga tradisi secara rutin sebagai warisan budaya tak benda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS