Kalbar  

Penyerahan Memori Jabatan kepada Pj Gubernur Kalbar, Sutarmidji: Harus Berpegang Aturan

Penyerahan Memori Jabatan kepada Penjabat Gubernur Kalbar oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sebelumnya.[SUARAKALBAR.CO.ID/HO-adpim]

Pontianak (Suara Kalbar) – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), dr. Harisson, menerima Memori Jabatan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2018-2023 dalam sebuah acara penyerahan yang berlangsung pada Rabu (6/9/2023). Penyerahan Memori Jabatan ini juga disertai dengan Serah Terima Jabatan Ketua TP-PKK Kalbar.

Dalam acara tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah menyelesaikan masa jabatannya menyampaikan pesan-pesan penting kepada Penjabat Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar Sebelumnya, Sutarmidji, memberikan pesan kepada Penjabat Gubernur untuk menjalankan roda Pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia menekankan pentingnya tidak takut untuk mengeksekusi segala sesuatu yang sesuai dengan aturan dan kebijakan, tanpa rasa takut. Selain itu, menjaga inflasi dan mensukseskan Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif, dan Pemilihan Kepala Daerah adalah tugas utama yang harus dilaksanakan.

“Jangan takut untuk mengeksekusi segala sesuatu karena tidak kepahaman kita atau sebenarnya paham, cuma takut. Kalau itu (roda pemerintahan) dilakukan sesuai aturan dan kebijakan maka Pemerintahan itu akan berjalan. Siapapun itu kita harus berpegang pada aturan,” pesan Sutarmidji kepada Penjabat Gubernur Kalbar.

Kemudian pria kelahiran Pontianak ini mengingatkan terkait inflasi dan mensukseskan Pilpres, Pileg dan Pilkada yang diwajibkan sebagai tugas utama Penjabat Gubernur Kalbar.

“Yang perlu dilaksanakan itu adalah menjaga inflasi serta sukseskan Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah itu tugas utama. Kalau tata kelola Pemerintahan yang baik saya rasa sudah sesuai jalurnya dan itu dibuktikan oleh penilaian-penilaian dari Pemerintah Pusat,” tambahnya.

Terkait kesehatan, dirinya meminta Pemerintah Provinsi Kalbar untuk terus meningkatkan pelayanan dalam bidang Kesehatan.

“Pelayanan Kesehatan harus lebih ditingkatkan, karena Pj. Gubernur ini adalah seorang Dokter, dia sudah paham betul dalam hal menangani kesehatan. Apalagi kita pernah diuji pandemi covid-19 dan bisa kita lalui, dan kita berhasil dalam meningkatkan pelayanan RSUD dr. Soedarso dan sebagainya, itu perlu ditingkatkan, dan beliau lebih tahu,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Periode 2018-2023 Ria Norsan meyakini jabatan yang diemban oleh Penjabat Gubernur Kalbar sekarang, dapat membawa Kalbar lebih maju.

“Saya yakin, beliau bisa mengemban tugas yang diberikan oleh masyarakat Kalbar untuk menjadi Pj. Gubernur. Karena selain pengalaman sebagai Sekda Kalbar. Saya tidak khawatir kedepannya, beliau juga akan melanjutkan program-program kami yang belum terselesaikan, insya Allah beliau akan menyelesaikan,” ucap Ria Norsan.

Dirinya berpesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berpikir dan bertingkah laku sebagai ASN bekerja secara jujur, disiplin dan ikhlas.

“Karena kalau kalian bekerja secara jujur, disiplin dan ikhlas, Insyaa Allah itu merupakan ladang amal kita dikemudian hari,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur mengatakan bahwa tugas utama sebagai Penjabat Gubernur adalah memastikan roda Pemerintahan ini tetap berjalan dengan mematuhi Perundang-Undangan yang berlaku.

“Untuk mematuhi Perundangan yang berlaku itu, sebenarnya dalam sistem Pemerintahan itu sudah ada pengawasan intern, kemudian ada Inspektorat, BPKP, BPK dan termasuk pengawasan dari masyarakat. Saya yakin kedepannya Pemerintahan Provinsi Kalbar ini akan tetap berjalan dengan mematuhi Perundang-Undangan yang berlaku,” kata Penjabat Gubernur.

Dirinya juga mengatakan pada tahun Pemilu atau tahun Politik di Tahun 2024, Pemerintah Provinsi ini diharapkan dapat mensukseskan Pilpres, Pileg dan Pilkada.

“Tentunya kita (Pemprov Kalbar) harus bisa mensukseskan Pemilu ini dan Tahun 2024 ini kita juga harus menyiapkan anggaran yang cukup untuk kegiatan Pemilu ini,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS